Tren Suku Bunga Turun, Aliran Modal Asing ke RI Bakal Makin Kencang

Rully Ramli ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 21:58 WIB
Tren Suku Bunga Turun, Aliran Modal Asing ke RI Bakal Makin Kencang

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Kementerian Keuangan Loto S Ginting. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah yakin aliran modal asing yang masuk ke Indonesia (capital inflow) akan mengalir deras. Hal ini selaras dengan tren suku bunga yang terus turun.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Kementerian Keuangan Loto S Ginting mengatakan, suku bunga global dan domestik mengarah pada tren penurunan. Situasi ini terjadi karena adanya perlambatan ekonomi global, sehingga membutuhkan dorongan dari sisi moneter.

"Dari sisi kecenderungan tingkat bunga menurun masih ada, dengan adanya revisi pertumbuhan ekonomi, " ujar Loto saat ditemui di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Menurut Loto, Indonesia masih menarik bagi investor asing untuk menanamkan modal portofolio. Indikator ekonomi seperti pertumbuhan PDB dan inflasi masih terjaga. Dia yakin banyak modal asing yang akan masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN).

"Return (imbal hasil) masih relatif bagus dan menarik selama kita masih seperti saat ini, jika bandingkan dengan (negara-negara) peers masih cantik," kata dia.

Loto berharap, banyaknya modal asing yang masuk nantinya bisa membuat imbal hasil (yield) SUN turun. Dengan begitu, biaya bunga yang harus dibayar pemerintah bisa lebih rendah.

"Namanya pemerintah yield itu cost (biaya), harapannya lower is better (semakin rendah semakin baik)," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah