Turis Asing Sepi, Luhut: Nggak Masalah, Turis Lokal Banyak

Rina Anggraeni ยท Sabtu, 12 September 2020 - 09:15 WIB
Turis Asing Sepi, Luhut: Nggak Masalah, Turis Lokal Banyak

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: iNews.id/Suparjo Ramalan)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan tak mempersoalkan minimnya turis asing yang datang ke Indonesia. Menurutnya, turis lokal justru sangat potensial.

"Nggak masalah, wisatawan domestik kita kan banyak. Turis internasional saya rasa baru akan pulih 2021 akhir," ujarnya lewat keterangan tertulis, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Luhut, turis lokal memiliki potensi besar dalam memulihkan pariwisata. Dia menyebut, turis lokal saat ini tidak bisa berpergian keluar negeri, sehingga perputaran uang seharusnya terjadi di dalam negeri.

"Kita banyak sekarang turis. Haji belum boleh, umrah belum boleh, ke luar negeri belum boleh, kecuali pekerjaan dinas ya. Berobat belum boleh, sekarang kita bikin rumah sakit internasional," ucapnya.

Purnawirawan jenderal TNI itu menyebut, situasi ini dapat menghemat devisa miliaran dolar AS. Potensi devisa keluar itu kini berputar di dalam negeri.

"Kita nggak tahu bahwa kita sakti loh. Market kita itu besar, ada 73 juta, kelas menengah 55 juta. Orang kadang-kadang anggap Indonesia itu Jawa atau Bali saja, padahal tidak seperti itu," imbuhnya.

Editor : Rahmat Fiansyah