Viral Video Keributan dalam Pesawat, Ini Komentar Garuda Indonesia

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Sabtu, 29 Desember 2018 - 15:05 WIB
Viral Video Keributan dalam Pesawat, Ini Komentar Garuda Indonesia

Suasana ricuh dalam pesawat Garuda Indonesia tujuan Hong Kong-Jakarta. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Video keributan di dalam pesawat Garuda Indonesia viral di media sosial. Keributan tersebut terjadi saat pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 863 tujuan Hong Kong-Jakarta pada Kamis (27/12/2018) ini tengah proses boarding di bandar udara (bandara) internasional Hong Kong.

Vice Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan menuturkan, kejadian bermula ketika penumpang yang duduk di kursi 40 K menimbulkan keributan karena kakinya terinjak oleh anak kecil. Ketiga petugas cabin crew berusaha menenangkan, diketahui ternyata penumpang tersebut sedang dalam kedaaan mabuk.

"Tercium bau alkohol saat penumpang bicara," kata Ikhsan dalam keterangannya, Sabtu (29/12/2018).

Atas dasar pertimbangan tersebut, untuk alasan keamanan dan kenyamanan penumpang lain maka Pilot in Command memutuskan menurunkan penumpang tersebut dari pesawat. Ikhsan mengatakan, penumpang sempat melakukan perlawanan sehingga mengharuskan Pilot in Command melakukan tindakan tegas.

“Apa yang dilakukan oleh awak pesawat telah sesuai dengan prosedur dan tindakan awak pesawat untuk menurunkan/offload penumpang tersebut semata mata untuk menjaga agar aspek safety dan kenyamanan penumpang selama penerbangan dapat terjaga,” ujarnya.

Dia melanjutkan, awak pesawat juga telah melakukan koordinasi dengan petugas keamanan di bandara Hong Kong atas kejadian tersebut.

Video keributan tersebut diunggah di salah satu media sosial Instagram oleh @avia.pedia. Hingga kini, video tersebut telah ditonton sebanyak 49.196 kali. Selain itu sudah ada 730 komentar dalam unggahan video tersebut.

Tampak dalam video, seorang wanita dan pria terlibat adu mulut. Untungnya, pramaguri dan petugas cabin crew melerai keduanya. Keributan keduanya juga membuat suasana makin gaduh di dalam pesawat.

Pilot pun memerintahkan keduanya dan seluruh penumpang lain tertib dan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) di dalam pesawat. “Saya perintahkan yang lain diam, saya petugas di sini,” kata Pilot tersebut.


Editor : Ranto Rajagukguk