Virus Corona pada Kemasan, China Hentikan Impor Makanan Laut Brasil hingga Rusia

Djairan ยท Minggu, 27 September 2020 - 13:14 WIB
Virus Corona pada Kemasan, China Hentikan Impor Makanan Laut Brasil hingga Rusia

Pemerintah China telah menghentikan untuk sementara impor makanan laut dari sejumlah negara sejak Agustus 2020, termasuk Indonesia. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Pemerintah China telah menghentikan untuk sementara impor makanan laut dari sejumlah negara sejak Agustus 2020, termasuk Indonesia. Hal itu seiring ditemukannya partikel virus corona pada sejumlah kemasan produk seafood. 

Seperti baru-baru ini, China menyatakan akan menangguhkan impor makanan laut dari Rusia selama empat minggu. Bea Cukai China mengatakan pada Sabtu, virus corona terdeteksi pada kemasan luar sampel produk akuatik yang dibawa oleh dua kapal Rusia. Temuan itu atas laporan pihak berwenang di provinsi pesisir timur Shandong. Sebelumnya, pekan lalu otoritas di provinsi Jilin timur laut juga telah mendeteksi virus pada kemasan cumi-cumi asal Rusia.

“Kedua kapal tersebut bernama kapal penangkap ikan Vladimir Starzhinsky LLC Roliz dan kapal pengangkut Crystal Africa. Penangguhan ini kami lakukan dalam upaya memperketat impor makanan laut dari sejumlah sumber akibat penemuan virus corona,” ujar pihak Bea Cukai China dikutip dari Reuters pada Minggu (27/9/2020).

Bea cukai pada Jumat juga mengatakan akan menangguhkan impor makanan laut dari perusahaan Brasil selama seminggu setelah satu paket ikan dinyatakan positif terkena virus corona. Sebelumnya, pada bulan lalu pemerintah Kota Shenzhen juga menyatakan sayap ayam beku dari Brasil terbukti positif mengandung Covid-19.

Meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah mengatakan tidak ada penularan Covid-19 melalui kemasan makanan, para peneliti China tetap bersikukuh telah menemukannya pada sejumlah produk. Pekan lalu, China juga menghentikan sementara impor dari pabrik makanan laut Indonesia selama satu minggu dengan kasus yang sama.

Kebijakan itu bermula pada Agustus lalu, setelah otoritas setempat menemukan tiga sampel makanan laut beku impor yang dinyatakan positif mengandung Covid-19. Produk itu berasal dari Ekuador, setelah dites di sebuah restoran di Wuhu, sebuah kota di provinsi Anhui. Melalui siaran televisi otoritas meminta penduduk untuk berhati-hati ketika membeli makanan sejenis.   

Editor : Ranto Rajagukguk