Wapres JK Sebut Sistem Transportasi RI Paling Lengkap

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 13 September 2019 - 14:50 WIB
Wapres JK Sebut Sistem Transportasi RI Paling Lengkap

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Sistem transportasi menjadi hal yang sangat krusial bagi negara kepulauan seperti Indonesia. Oleh karenanya, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang dapat mengorganisir sistem transportasi dengan baik.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, sistem transportasi Indonesia merupakan yang terlengkap karena ada dari darat, laut dan udara yang tidak semua negara memilikinya. Setiap sistem memiliki peranannya masing-masing menyatukan setiap penduduk.

"Begitu besarnya peran transportasi dalam satukan bangsa. Dengan transportasi bisa ubah image bangsa ini. Kita negara kepulauan terpisah-pisah maka dengan laut dan transportasi udara yang satukan kita," ujarnya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sistem ini pun dikelola oleh masing-masing perusahaan berkompeten baik dari swasta, BUMN, hingga koperasi. Bahkan, Indonesia memiliki koperasi terbesar.

"Orang bertanya apa peran koperasi? Koperasi terbesar di Indonesia itu Go-Jek, karena orang bersatu bukan bawa modal tapi bawa dirinya sendiri sehingga dia menjalankan sistem transportasi bersama," ucapnya.

Untuk menciptakan tenaga-tenaga ahli agar dapat mengelola sistem transportasi dengan baik maka perlu ditingkatkan kualitas pendidikan dan akademi perhubungan berbasis teknologi. Hal ini agar dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

"Tanpa keahlian,kemampuan skill yang baik ini musibah besar bisa terjadi. Tabrakan pesawat bermacam-macam apabila frekuensi besar dikelola skill kurang," kata dia.

Hal ini diungkapkan JK saat membuka acara Indotrans Expo 2019 yang akan berlangsung pada 13-15 September 2019 di JCC, Senayan, Jakarta. Acara ini untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional.

Kegiatan Indotrans Expo 2019 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya pemberian informasi kepada masyarakat tentang perkembangan infrastruktur, sarana  prasarana dan SDM terkait transportasi di Indonesia.


Editor : Ranto Rajagukguk