Yang Lain Naik, Jumlah Pemudik Gunakan Pesawat Turun 1,33 Juta Orang

Rully Ramli ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 11:32 WIB
Yang Lain Naik, Jumlah Pemudik Gunakan Pesawat Turun 1,33 Juta Orang

Arus mudik di sejumlah bandara dilaporkan menurun. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Harga tiket pesawat yang mahal berimbas pada turunnya jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi udara itu. Padahal, pemudik yang memanfaatkan moda transportasi lain tumbuh positif.

"Sampai dengan H+7 (Lebaran), semua moda angkutan publik yang menggunakan angkutan umum, semua mengalami kenaikan, kecuali angkutan udara turun 27 persen," ujar Kepala Balitbang Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, di Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Data Kemenhub selama musim angkutan Lebaran (H-7 hingga H+7), jumlah pemudik pesawat tercatat 3,52 juta orang. Angka tersebut turun 1,33 juta dibandingkan musim Lebaran tahun 2018 yang mencapai 4,85 juta orang.

Meski begitu, Sugihardjo menepis tingginya harga tiket pesawat membuat pemudik enggan untuk naik pesawat. Dia mengklaim harga tiket pesawat pada mudik Lebaran 2019 sudah turun, kecuali rute Jakarta-Makassar yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

"Untuk rute-rute yang lainnya dengan berlakunya PM (Peraturan Menhub) ini turun sekitar 14-16 persen," ucap dia.

Dia mengatakan, turunnya jumlah pemudik pesawat karena banyak yang beralih ke jalur darat. Hal ini tidak terlepas dari beroperasinya jalan tol seperti Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatra. Situasi ini membuat pemudik dengan mobil pribadi dan bus meningkat tajam.

"Kalau antar pulau, CSR BUMN sedikit membantu peningkatan pemudik angkutan laut," katanya.


Editor : Rahmat Fiansyah