Kapitalisasi Pasar Nyaris 1 Triliun Dolar AS, Ini Kunci Sukses Apple

Rahmat Fiansyah · Sabtu, 12 Mei 2018 - 19:12 WIB
Kapitalisasi Pasar Nyaris 1 Triliun Dolar AS, Ini Kunci Sukses Apple

ilustrasi. (Foto: CNBC)

SAN FRANSISCO, iNews.id - Apple tengah menuju rekor baru. Kapitalisasi pasar perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) diprediksi menembus 1 triliun dolar AS tahun ini.

Bagaimana perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada 1976 menjadi sukses seperti sekarang? Berikut kunci kesuksesan Apple yang produknya digandrungi oleh masyarakat dikutip dari TIME, Sabtu (12/5/2018),:

1. Setiap produk yang dibuat Apple disukai oleh pembuatnya

Sejumlah proyek yang dikerjakan perusahaan teknologi biasanya tidak menempatkan konsumen sebagai pertimbangan utama. Para ahli IT biasanya itu fokus pada teknologi semata.

Apple berbeda. Mereka biasanya membuat untuk diri mereka sendiri. Jobs bahkan menjadi pengguna setia produk-produk Apple. Seluruh produk Apple menunjukkan fakta bahwa Jobs adalah representasi konsumen yang sebenarnya.

2. Produknya mudah digunakan

Prinsip utama ini dipegang oleh Jobs. Meski desain tetap krusial, produk Apple yang tidak mudah digunakan dinilai tidak berguna bagi konsumen. Sejak berdiri hingga sekarang, desain dan tampilan produk Apple tetap mudah dipahami dan dipelajari.

Kala teknologi semakin rumit dengan berbagai fitur, membuat produk yang simpel kadang-kadang sulit. Apple membuat pengguna, termasuk orang awam sekalipun mudah menggunakannya.

3. Membuat segalanya simpel.

Salah satu kunci kesuksesan Apple adalah perusahaan ini relatif hanya fokus membuat satu produk yang iPhone. Fokus ini membuat setiap proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah.

Hal ini berbeda dengan perusahaan lain yang bisa memiliki puluhan produk, sehingga pekerjanya tidak mempunyai pengetahuan yang baik dengan produknya. Akhirnya, konsumennya pun sering dibuat bingung dengan produk yang terlalu banyak.

Meski ada sejumlah orang yang fanatik dengan teknologi dan menuntut banyak fitur, dalam riset pasar, mayoritas pengguna bukanlah orang yang fanatik dan teknologi, sehingga mereka hanya butuh sesuatu yang simpel dan Apple sangat paham akan hal ini.

4. Layanan pelanggan dan pengalaman berkunjung ke toko yang luar biasa

Dengan produk yang simpel, Apple memiliki keunggulan dalam menjual produknya lewat Apple Store: para penjualnya paham dengan produk Apple. Meski simpel, produk Apple tetap memenuhi kebutuhan para pengguna.

Kebanyakan konsumen merasa cocok dengan Apple karena menyentuh kebutuhan mereka. Inilah yang membuat banyak pengguna yang beralih ke Apple dan sekali menggunakanya produknya enggan untuk beralih ke yang lain.

5. Apple tidak menemukan produk baru tapi membuatnya lebih baik

Apple tidak membuat produk baru. Apple tidak menemukan ponsel, tapi membuatnya lebih baik lewat iPhone. Apple tidak menemukan PC komersial, tapi membuatnya lebih baik lewat Mac. Apple tidak menemukan pemutar MP3, tapi membuatnya lebih baik lewat iPod. Apple tidak menemukan tablet, tapi membuatnya lebih baik lewat iPad.

Desainer Apple, Jonathan Ive mengatakan,” tujuan kami sangat simpel yaitu mendesain dan membuat produk menjadi lebih baik. Jika kami tidak bisa membuatnya lebih baik, kami tidak akan melakukannya.”

6. Apple berada dua langkah di depan kompetitor

Prinsip ini yang membuat kompetitor Apple segan. Ketika kompetitor mencari-cari produk yang kompetitif di pasaran, Apple sudah menyiapkan produk minimal dua tahun sebelumnya diluncurkan. Situasi inilah yang membuat Apple menjadi perusahaan yang berbeda dengan yang lainnya karena lebih inovatif.


Editor : Rahmat Fiansyah

TAG : apple