Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Selama Mudik Lebaran

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 16 Mei 2018 - 22:13 WIB
Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Selama Mudik Lebaran

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina (Persero) memastikan akan menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk Lebaran mendatang. Pasalnya, akan ada kenaikan 11-13 persen pemudik yang menggunakan jalur darat terutama pengguna sepeda motor.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sejak sepekan lalu pihaknya telah menjamin kesiapan pasokan BBM jenis Premium hingga Solar. Pasokan ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan sampai dengan 28 hari.

"Dari minggu kemarin kita sipakan pasokan Premium dan jenis BBM lain 27-28 hari kita siapkan. Biasanya menjelang Lebaran Solar turun tapi kita jaga pasokan 27-28 hari," ucapnya di Gedung BPH Migas, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Oleh karenanya, Pertamina menyiapkan tambahan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang bersifat modular dan akan menambahkan fasilitas sebanyak 42 titik berbentuk mobil dispenser dan kios kemasan. Ini akan didukung 200 unit motor untuk membantu menyalurkan BBM kemasan.

"Kita juga akan tambahkan motor supaya kalau kehabisan BBM bisa dikontak dan segera dikirimkan pakai motor 200 unit," kata dia.

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan dua serambi untuk istirahat para pemudik dan untuk memperkuat pasokan disediakan kantong-kantong BBM di 14 titik SPBU yang ada. Selain itu, di luar Jawa seperti Sumatera juga disiapkan enam kios tambahan untuk menyediakan Pertamax kemasan.

Sebagai informasi, Pertamina memprediksi terjadi peningkatan pemudik sekitar 11-13 persen pada lebaran 2018. Peningkatan terjadi pada pemudik yang menggunakan motor sebanyak 7,7 juta dan mobil sebanyak 3,5 juta sehingga Pertamina menyiapkan tambahan pasokan BBM sekitar 15 persen.

"Jadi pasokan yang kami siapkan per harinya kita tambah 15 persen walaupun nanti biasanya untuk solar itu agak menurun," ujar Nicke.

Angka tersebut lebih besar dari penambahan pasokan BBM pada masa mudik Lebaran tahun lalu yang hanya 9 persen. "Jadi kalau tahun lalu arus mudik dan arus balik lancar insya Allah tahun ini lebih lancar lagi dengan pasokan yang kita tingkatkan lebih besar lagi," kata dia.

Selain menjaga pasokan BBM, Pertamina juga menyiapkan fasilitas prasarana pengisian bahan bakar sepanjang jalan tol di Pulau Jawa. Kemudian, pihaknya juga menyiapkan titik-titik SPBU di luar jalan tol karena pemerintah menginginkan jangan sampai jalan tol dijadikan satu-satunya pilihan bagi pemudik.

"Kami juga masih ada research lagi dalam bentuk penguatan stok BBM ada kantong-kantong di beberapa tempat sehingga ketika terjadi kekurangan pasokan ini langsung bergerak jadi kami siapkan juga ada kantong-kantong SPBU di beberapa tempat," ujar Nicke.


Editor : Ranto Rajagukguk