Kemendag Promosikan Produk UMKM di 12 Mall di Indonesia

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 17 Mei 2018 - 14:19 WIB
Kemendag Promosikan Produk UMKM di 12 Mall di Indonesia

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti (kanan) bersama Ketua Umum APPBI, Stefanus Ridwan (tengah) saat meninjau produk UMKM yang dipamerkan di Mall Kasablanka, Jakarta, Kamis (17/5/2018). (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mempromosikan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di 12 mall di berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti mengatakan, selama ini produk-produk UMKM kualitasnya cukup bagus namun kurang dipromosikan sehingga membuat usaha sulit berkembang.

"Sekarang kita mulai saja dengan pameran ternyata produk itu layak masuk mall dan tadi saya tidak menyangka itu produk UMKM," ujarnya saat membuka pameran di Mall Kasablanka, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Ia melanjutkan, penyelenggaraan pameran kali ini sama sekali tidak menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), melainkan berasal dari sponsor pameran. Hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang masih menggunakan dana APBN.

"Pameran dari mall ke mall yang kita lakukan ini tahun ke empat jadi bukan pertama kalinya tapi polanya beda dari tahun sebelumnya. Biaya sendiri tanpa biaya dari APBN jadi full swadana dan kami akan lakukan pola ini di tempat lainnya," kata dia.

Dalam pameran ini, Kemendag menggandeng Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Diharapkan kerja sama dapat terus berlanjut mengingat akan ada banyak pameran yang digelar di masa mendatang.

Ketua Umum APPBI, Stefanus Ridwan mengaky tidak menyangka UMKM dapat menghasilkan produk yang kreatif. Produk-produk tersebut, menurutnya, sangat layak masuk dan diperdagangkan di mall-mall besar. 

"Jadi saya kira pameran ini akan memberitahu kepada orang-orang bahwa Indonesia punya produk yang layak dan bangga kita pakai," ucapnya.

Sebagai contoh, salah satu produk pameran kramik berbentuk peralatan makan yang bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Produk tersebut dibanderol Rp500.000 hingga Rp600.000 per buahnya dan termasuk murah mengingat ornamen piring terbuat dari emas asli.

"Di sini orang-orang kreatif dan pelaku UMKM sehingga produk yang dihasilkan bisa dikenal dan semua orang tahu bahwa kita hasilkan produk yang luar biasa. Tadi saya lihat ada produk keramiknya yang wow luar biasa sekali. Saya baru tahu berkat adanya pameran ini," tuturnya

Sebagai informasi, pameran diselenggarakan pada 16-20 Mei 2018 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Pusat. Pameran yang menampilkan 40 brand UMKM ini, dibuka di tempat ini karena terdapat 65.000 pengunjung yang mendatangi di hari biasa, sementara untuk akhir pekan bisa mencapai 85.000-120.000 pengunjung.


Editor : Rahmat Fiansyah