Ini Alasan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Cair Lebih Lama

Ade Miranti Karunia Sari ยท Kamis, 17 Mei 2018 - 21:04 WIB
Ini Alasan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Cair Lebih Lama

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Realisasi penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang masuk belanja pemerintah tahun ini mengalami perlambatan. Hingga 30 April 2018, capaian TKDD baru mencapai Rp251,93 triliun dari total Rp766,16 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, realisasi itu lebih rendah sebesar Rp13,5 triliun dibandingkan TKDD periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp265,43 triliun atau 34,6 persen dari pagu alokasi TKDD.

Dia mengatakan, perlambatan TKDD itu menyusul langkah pemerintah yang memonitoring segala prosesnya sehingga dana yang sampai benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. "Kami sengaja memperketat tata kelola transfer, kemarin ada yang ditangkap dan monitoring perlu diperkuat, jadi kami akan yakinkan transfer ke daerah benar-benar bermanfaat untuk masyaraat," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konfrensi Pers APBN KiTa, di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo mengatakan, pengetatan TKDD tersebut dilakukan sesuai  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Desa. Pemerintah desa diminta untuk menjabarkan setiap belanjanya dalam APBDes.

"Jadi hanya membuat tidak hanya (membuat) Peraturan Desa, tetapi juga pengaturan mengenai perlunya penjabaran (dari rencana belanja)," ujarnya.

Dalam APBN 2018, alokasi Dana Desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan. Sampai dengan 30 April 2018, realisasi anggaran Dana Desa yang telah disalurkan dari RKUN ke RKUD sebesar Rp14,27 triliun atau 23,79 persen dari pagu alokasi sebesar Rp60 triliun.

Realisasi ini berarti Rp2,38 triliun lebih rebdag bila dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp16,62 triliun atau 27,8 persen dari pagu alokasinya. Namun demikian, realisasi penyaluran Dana Desa dari RKUD ke RKD sampai akhir April 2018 sebesar Rp3,4 triliun lebih tinggi Rp1,3 triliun bila dibandingkan realisasi periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp2,1 triliun.

Beberapa faktor yang menyebabkan TKDD tahap awal belum terealisasi sepenuhnya, karena masih terdapat daerah yang belum menetapkan Perkada tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa di setiap desa. Begitu juga dengan penetapan Perdes APBDes yang terlambat dikarenakan adanya penyesuaian terkait pelaksanaan Dana Desa dengan skema padat karya tunai.


Editor : Ranto Rajagukguk