Arus Padat, Kemenhub Akan Terapkan Contraflow di Tol Cipali

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Minggu, 10 Juni 2018 - 17:07 WIB
Arus Padat, Kemenhub Akan Terapkan Contraflow di Tol Cipali

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub Sugihardjo. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) untuk diberlakukan siang tadi. Saat ini masih dikaji apakah arus pemudik di jalur tersebut memerlukan diadakannya sistem contraflow.

"Contraflow sedang persiapan, itu di daerah Cipali ya. Nanti kita lihat kebutuhannya. Sekarang lagi persiapan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub Sugihardjo di kantornya, Jakarta, Minggu (10/6/2018).

Ia melanjutkan, hal ini disebabkan sejak 7 Juni kemarin terlihat peningkatan arus mudik yang melalui tol Cikampek ke arah Jawa Tengah, ke arah Merak dan Bogor. Selama tiga hari tersebut, terdapat kenaikan jumlah kendaraan pribadi sekitar 44 persen yang melewati jalan tol.

"Tapi kalau fenomenanya sendiri kita lihat memang kepadatannya meningkat, dan pagi ini juga semakin meningkat. Mungkin di Tol Cipali kalau kondisinya memungkinkan kami akan buat contra flow ke arah timur, siang ini," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, memasuki H-5 Lebaran 2018, arus mudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di ruas Tol Cipali, wilayah Purwakarta, Jawa Barat, macet belasan kilometer, Minggu (10/6/2018) pagi. Kemacetan terjadi akibat tingginya volume kendaraan, serta banyaknya pemudik yang keluar masuk rest area terdekat.

Pantauan wartawan iNews di lapangan, antrean panjang ribuan kendaraan tampak di ruas Tol Cipali, Kilometer 73, sekitar daerah Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. Kendaraan mengular hingga mencapai belasan kilometer.

Penyebab kemacetan diduga akibat membludaknya kendaraan warga Jakarta yang mau mudik merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampungnya di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak warga memilih mudik hari ini setelah dimulainya cuti kerja sejak Sabtu (9/6/2018) kemarin. Selain itu, para pelajar juga sudah memasuki liburan panjang kenaikan kelas.

Selain melonjaknya volume kendaraan, kemacetan juga diduga akibat banyaknya kendaraan pemudik yang keluar masuk rest area atau tempat peristirahatan, terdekat atau kilometer 88. Hal ini membuat pemudik memperlambat laju kendaraan hingga berbuah kemacetan panjang.

Masih banyaknya kendaraan besar seperti bus dan truk angkutan barang yang melintas dari arah yang sama, membuat kemacetan bertambah parah.

Kemacetan di ruas Tol Cipali, wilayah Purwakarta ini terjadi sejak Minggu pagi. Diperkirakan kemacetan parah akan terus terjadi hingga sore hari, seiring banyaknya warga memilih mudik hari ini. Sementara itu, arus kendaraan dari arah sebaliknya relatif normal.


Editor : Ranto Rajagukguk