Tinjau MRT Jakarta, Darmin Nasution Teringat Transportasi di Paris

Ade Miranti Karunia Sari · Senin, 11 Juni 2018 - 19:30 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meninjau proyek Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Senayan, Jakarta. (Foto: iNews.id/Ade Miranti)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meninjau proyek Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (11/6/2018) sore. Darmin yakin keberadaan MRT dapat merubah perilaku masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi publik. Pola hidup warga pun semakin modern.

“Itu berarti kita sudah memulai kehidupan modern, yang jarak 15 sampai 20 kilometer dari sini dapat memperkirakan waktu sehingga tidak meleset satu menit pun, dia akan sampai. Misalnya, kalau 08.30 WIB menurut jadwal dia akan sampai sesuai jadwal,” kata Darmin di Stasiun MRT Senayan, Senin (11/6/2018).

Keyakinan Darmin tersebut muncul setelah melihat langsung desain dan konstruksi Stasiun MRT Senayan. Dia juga terkesima dengan model gerbong MRT Jakarta. 

“Di Paris itu setiap harinya naik beginian (MRT). Jadi pas saya masuk tadi, kesan pertama saya ini didesain dengan baik, apik, dan terasa lapang,” ujar dia.

Darmin berharap, adanya kawasan Transit Oriented Development (TOV) yang terintegrasi antara moda transportasi publik dengan permukiman dapat mendorong masyarakat untuk mencari tempat tinggal yang letaknya tidak jauh dari stasiun.

“Nah itu berati, kebiasaan orang mencari rumah, apartemen mengarah ke tempat-tempat stasiun yang tidak jauh dari sini. Orang akan mengenal nama daerah dari tempat stasiun yang baru,” tutur Darmin.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, progres infrastruktur kereta MRT hampir 100 persen untuk tahap awal lintasan Lebak Bulus-Ragunan. Sementara progres secara keseluruhan pembangunan untuk pengerjaan jalur bawah tanah mencapai 96,59 persen dan jalur layang (elevated) sebesar 91,82 persen. William memastikan infrastruktur MRT Jakarta dapat diuji coba pada Agustus 2018.

“Pembangunan MRT Fase 1 saat ini progresnya secara keseluruhan sudah mencapai 94,19 persen,” ucap William.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto

KOMENTAR