Awas, Jelang Lebaran Harga Komoditas Rawan Dimainkan

Abdul Rochim ยท Senin, 11 Juni 2018 - 20:04 WIB
Awas, Jelang Lebaran Harga Komoditas Rawan Dimainkan

Warga berbelanja di pasar murah di Kediri, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. DPR mengingatkan agar pemerintah terus mengendalikan harga selama Lebaran 2018. (Foto: Antara/Prasetia Fauzani).

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id –DPR meminta pemerintah terus memantau harga barang kebutuhan pokok seperti beras, daging, dan lainnya. Menjelang Lebaran, harga rawan dipermainkan pedagang besar maupun tengkulak. Pengawasan sangat penting karena fluktuasi harga komoditas bisa mempengaruhi inflasi.

“Jaga stabilitas harga. Kami di DPR minta agar pemerintah mengerahkan aparatnya untuk menjamin ketersediaan barang-barang itu dengan baik dan lancar,” ujar anggota Komisi XI DPR Fathan Subchi di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Fathan melihat selama ini pemerintah sudah melakukan operasi pasar, memasok ketersediaan daging, dan inspeksi ke sejumlah pasar. Langkah itu dinilai belum cukup. Langkah-langkah itu perlu diimbangi dengan pengawasan yang ketat.

”Karena sifat dari pedagang adalah mencari keuntungan dari situasi-situasi yang mendesak seperti sekarang ini,” tutur wakil rakyat dari Dapil Jateng II ini.

BACA JUGA: Lebaran, BI Minta Perbankan Perhatikan Stok Uang di ATM

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sebelumnya menjamin persediaan kebutuhan bahan pokok di 32 provinsi di Indonesia selama Lebaran. Pemerintah, kata dia, telah meminta kepala dinas perdagangan di provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia untuk memantau harga dengan didampingi tim satuan tugas pangan dan kepolisian.

“Setelah kami memantau kondisi di lapangan semua harga bahan pokok masih aman dan terkendali, kalau pun harga bawang putih selisih seribu rupiah dari tempat lain hal itu biasa. Kami saksikan harga beberapa komoditas mengalami penurunan,” katanya.


Editor : Zen Teguh