Pajak Kendaraan DKI yang Jatuh Tempo saat Cuti Lebaran Bebas Denda

Koran SINDO · Selasa, 12 Juni 2018 - 10:13 WIB
Pajak Kendaraan DKI yang Jatuh Tempo saat Cuti Lebaran Bebas Denda

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Cuti Lebaran membuat pelayanan Samsat terhenti. Meski demikian, Pemprov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan kompensasi terhadap pembayaran pajak kendaraan. Pemilik kendaraan yang belum membayar pajak pada tenggat waktu cuti Lebaran, yakni 11-20 Juni 2018, Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya memastikan tidak akan membebankan denda.

“Kami memberikan kom pensasi. Mereka bisa langsung mengurus pada 21 Juni,” ujar Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB BBNKB) Jakarta Barat Eling Hartono, kemarin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, seluruh gerai Samsat di wilayah hukum Polda Metro Jaya dipastikan akan libur. “Yang jadi masalah adalah ketika masuk akan terjadi peningkatan pelayanan,” ucapnya.

Pada 21 Juni, Ditlantas akan memaksimalkan gerai-gerai Samsat yang ada di masing-masing wilayah dan Sam sat keliling termasuk e-Samsat. Dia menyarankan warga memanfaatkan pelayanan e-Samsat demi menghindari membeludaknya pelayanan. Sementara warga yang ingin melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C dapat mendatangi layanan gerai SIM dan SIM keliling (Simling) terdekat.

“Saat cuti bersama layanan SIM baru dan perpanjangan yang sedianya difokuskan di Daan Mogot, Jakarta Barat, kami liburkan,” ujar Kepala Seksi SIM Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar. 

Khusus pada 15-17 Juni, layanan tersebut tutup sementara dan baru buka kembali pada 18 Juni. Bagi pemegang SIM yang jatuh temponya bertepatan dengan cuti Lebaran, pihaknya memberikan toleransi pengurusan mulai dari 21-27 Juni.

Berikut jadwal dan lokasi resmi pelayanan gerai SIM dan Simling. Pada hari ini atau 12 Juni seluruh pelayanan gerai SIM di Mall Artha Gading, Pluit Village, Mall Taman Palm, Lippo Mall Puri, Gandaria City, Blok M Square, dan Tamini Square.

Sedangkan Simling berlokasi di Kan or Pos dan Giro Pasar Baru, Pusat Grosir Pasar Pagi, LTC Glo dok, TMP Kalibata, serta showroom Honda Dewi Sartika. Pada 13 Juni, pelayanan gerai dan Simling dibuka di showroom Honda Dewi Sartika, Pusat Grosir Pasar Pagi, Tamini Square, Pluit Village. Kemudian pada 14 Juni, layanan gerai SIM buka di Mall Kalibata, LTC Glodok, Mall Taman Palm, dan Gandaria Cistem (Gancy).

Pada 18 Juni, layanan Simling buka di Kebon Binatang Ragunan dan Ancol. Gerai SIM akan buka di Blok M Square dan Lippo Mall. Pada 19 Juni, layanan gerai SIM buka di Gandaria City dan Pluit Village. Pada 20 Juni, layanan gerai SIM buka di Mall Artha Gading dan Tamini Square. (Yan Yusuf)


Editor : Rahmat Fiansyah