Dijual Hampir Rp1 Juta, Tiket Sleeper Train Habis Terjual

Ade Miranti Karunia Sari, Okezone · Selasa, 12 Juni 2018 - 11:08 WIB
Dijual Hampir Rp1 Juta, Tiket Sleeper Train Habis Terjual

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro saat meninjau operasional perdana sleeper train di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2/2018). (Foto: iNews.id/Ade Miranti Karunia Sari)

JAKARTA, iNews.id - PT KAI (Persero) memberikan pengalaman baru kepada penumpang yang kerap pulang ke kampung halamannya dengan moda transportasi kereta api, yaitu kereta tidur (sleeper train).

Kereta yang dibuat oleh PT INKA itu resmi beroperasi secara perdana hari ini, Selasa (12/6/2018). PT KAI menyediakan 4 gerbong yang digandeng dengan gerbong kereta kelas eksekutif.

Untuk merasakan kereta setara dengan fasilitas first class pesawat tersebut, PT KAI mematok harga tiket senilai Rp900 ribu. Meski baru ditawarkan Senin (11/6/2018), minat masyarakat untuk mencoba KA sleeper ini terbilang cukup tinggi. Buktinya, tiketnya sudah habis terjual.

"Yang hari ini habis 18, 18-nya sudah terisi," ucap Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Dia mengatakan, bahwa tiket yang berlaku saat ini merupakan tiket promo. Rencananya, harga tiket tersebut hanya berlaku selama sebulan saja. Edi menyebut, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu dengan melihat antusiasme masyarakat yang ingin menggunakan sleeper train.

"Harga promo kan Rp900 ribu ini tujuannya mencari masyarakat minat apa enggak untuk yang model seperti ini. Normalnya akan dihitung ulang tapi yang pasti bahwa ini akan lebih tinggi sedikit dibanding priority, tetapi yang pertama test market dulu apakah ini diminati," ujarnya.

BACA JUGA:

Tiket Sleeper Train Jakarta-Surabaya Dijual Hari Ini, Simak Jadwalnya

KAI Tawarkan Kursi Kereta First Class, Apa Saja Fasilitasnya?

Seperti Pesawat, KAI Tawarkan Kursi Kereta First Class Saat Lebaran

Untuk tahap awal, sleeper train hanya akan rute perjalanan Stasiun Gambir Jakarta - Stasiun Surabaya Pasarturi. Satu gerbong yang disediakan terdiri dari 18 kursi. Namun dari empat gerbong yang disediakan hanya tiga gerbong yang dirangkai untuk digunakan mudik tahun ini.

“Kita sediakan ada tiga saja yang digunakan karena satu gerbongnya untuk cadangan," kata Edi.

Senior Manager Humas PT KAI Daop I Edy Kuswoyo mengatakan, sleeper train yang bakal beroperasi sudah habis dibeli calon penumpang. Namun, kata dia, PT KAI belum berencana menambah slot perjalanan sleeper train selama Angkutan Lebaran 2018.

"Tiket kereta sleeper sudah habis dan kebanyakan dari Surabaya, dan kami belum tahu bakal menambahnya atau tidak," ujar Edy.

Dia menjelaskan, bahwa  sleeper train memiliki fasilitas yang membuat penumpang merasa nyaman. Penumpang bisa tidur di dalam kereta dengan berbagai fasilitas yang diberikan PT KAI.

"Kereta sleeper itu sama saja dengan rangkaian kereta lain. Perbedaannya itu kapasitasnya. Penumpangnya bisa tidur seperti prioritas dan pramugarinya juga berbeda dengan kereta lainnya," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah