KAI Siap Buka Rute Baru Sleeper Train Selain Jakarta-Surabaya

Ade Miranti Karunia Sari ยท Selasa, 12 Juni 2018 - 12:41 WIB
KAI Siap Buka Rute Baru Sleeper Train Selain Jakarta-Surabaya

KA Bromo Anggrek rute Jakarta-Surabaya yang akan menggandeng gerbong sleeper train. (Foto: Wikimedia/Sakurai Midori)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Tiket kereta tidur (sleeper train) yang dijual PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk rute Jakarta – Surabaya ludes terjual. PT KAI berencana untuk membuka rute baru.

Saat ini, sleeper train yang beroperasi perdana tersebut hanya  melayani rute Stasiun Gambir dan Stasiun Surabaya Pasarturi Surabaya. Gerbong tersebut digandeng dengan gerbong KA Bromo Anggrek yang merupakan kereta api kelas eksekutif. 

"Kami lihat ini diminati atau tidak. Kalau diminati, nanti akan dibuka untuk yang ke Malang, Yogyakarta, Solo, bahkan Kutoharjo dan Purwokerto karena angka segitu masih bisa dijangkau," ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat meninjau operasional sleeper train di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Edi menjelaskan, fasilitas sleeper train tidak berbeda jauh dengan KA kelas priority. Bedanya, kata dia, hanya tidak menggunakan kursi yang mampu dimiringkan hingga 170 derajat selama perjalanan jauh. 

"Kalau harga mahal, itu sebenarnya sama saja dengan kelas prioritas, ini paling hanya sedikit lebih tinggi saja. Ini kan sebagai pilihan kepada masyarakat. Pelayanannya premium, makan minum gratis, ada TV. Ada CCTV, tapi tidak ada sleeper," kata dia. 

Ada 4 gerbong sleeper train saat ini yang disediakan. Di dalamnya ada layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat, mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchi dengan headset, USB charging power source, foldable food tray, serta bantal dan selimut.

Selain itu ada juga kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia private per penumpang per kursi. Dalam satu kereta sleeper, terdiri dari 18 orang penumpang sehingga lebih nyaman. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas mewah jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis. 

Dalam sehari layanan ini disediakan dalam empat kali perjalanan. Harga tiket untuk layanan eksklusif dibandrol dengan harga Rp900 ribu per penumpang. Tarif ini merupakan tarif promo yang hanya berlaku dari tanggal 12 Juni sampai 25 Juni 2018.


Editor : Rahmat Fiansyah