H-3 Lebaran, Ini 4 Bandara Paling Padat di Indonesia

Ade Miranti Karunia Sari · Selasa, 12 Juni 2018 - 14:51 WIB

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah penumpang pesawat terbang selama mudik Lebaran terus meningkat dibandingkan tahun lalu. Kenaikan jumlah penumpang tersebut membuat bandara semakin padat.

Ketua Pos Harian Direktorat Perhubungan Udara Kemenhub, Safruddin mengatakan, setidaknya ada empat bandara di Indonesia yang cukup sibuk selama mudik Lebaran hingga H-3. Di posisi pertama, Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng masih menjadi jalur lintas udara terpadat.

"Dari 36 bandara yang dipantau pada H-3, Bandara Cengkareng masih terbanyak dari sisi keberangkatan ada sebanyak 31.221 penumpang, pesawat 200 unit," kata dia di lokasi Posko Mudik Nasional 2018 Kemenhub, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

BACA JUGA:

AP II Berikan Insentif bagi Maskapai yang Buka Extra Flight

AP II Prediksi Jumlah Penumpang Pesawat Capai 6,7 Juta Selama Lebaran

Selanjutnya, aktivitas penerbangan paling aktif di bandara lainnya pada H-3 lebaran yaitu Bandara Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur sebanyak 56 pesawat yang aktif dengan mengangkut jumlah penumpang sebanyak 6.259 orang. 

Lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali yang mengangkut penumpang hingga hari ini sebanyak 5.945 penumpang telah diberangkatkan dan 34 pesawat yang berlalu-lalang. Terakhir adalah Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan dengan 38 pesawat lakukan penerbangan keberangkatan yang mengangkut 3.698 penumpang.

Jika secara akumulatif dari 36 bandara yang dipantau pada H-3 sudah memberangkatkan 94.166 penumpang. "Di daerah itu biasanya kedatangannya yang paling banyak atau jumlah mudiknya," ujar dia.

Sementara jumlah penumpang angkutan udara dalam negeri mulai H-8 hingga H-4 terjadi kenaikan 8,33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara, jumlah pesawat dari H-8 sampai dengan H-4 pada tahun ini juga meningkat 4,35 persen.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II memprediksi jumlah penumpang pesawat terbang pada musim mudik Lebaran tahun ini akan mencapai 6,7 juta orang. Jumlah ini lebih tinggi dari perkiraan Kemenhub sebanyak 5,7 juta orang.


Editor : Rahmat Fiansyah

KOMENTAR