Tahun Depan, KAI Tuntaskan Peremajaan Gerbong Kereta

Ade Miranti Karunia Sari · Selasa, 12 Juni 2018 - 17:05 WIB
Tahun Depan, KAI Tuntaskan Peremajaan Gerbong Kereta

ilustrasi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan meremajakan seluruh gerbong keretanya karena banyak yang sudah uzur.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, kereta api yang beroperasional selama ini usianya sudah mencapai 30 tahun atau lebih, sehingga PT KAI ingin mengubah wajah kereta api Indonesia lebih modern dan nyaman.

Edi mengatakan, peremajaan gerbong kereta tersebut akan dikerjakan oleh PT INKA, BUMN yang selama ini merupakan produsen gerbong kereta satu-satunya di Tanah Air. Namun, banyaknya gerbong yang dimiliki oleh PT KAI membuat proses peremajaan dilakukan secara bertahap karena keterbatasan kemampuan PT INKA. 

"Itu disatukan sama pembelian, 438 kereta. Untuk memperbaharui kereta ini baru 50 persen, usianya 30 tahun ke atas," katanya saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Rencananya, total ada 886 gerbong kereta yang akan diremajakan, sehingga peremajaan total bisa terealisasi pada tahun depan. Dengan demikian, penumpang bisa menaiki kereta dengan lebih aman dan nyaman tahun depan.

PT KAI selama ini memesan gerbong kereta dari PT INKA. Pemesanan kereta bukan hanya dilakukan untuk kereta reguler seperti commuter line Jabodetabek dan kereta antar kota, tapi juga kereta-kereta khusus seperti kereta light rail transit (LRT) dan kereta bandara. Yang terbaru, BUMN yang didirikan pada September 1945 itu memesan kereta tidur (sleeper train) yang beroperasi perdana hari ini.

Di dalam sleeper train ini terdapat kursi yang bisa digunakan untuk tidur dengan cara direbahkan 170 derajat secara elektrik. PT KAI memiliki 4 gerbong kereta yang disatukan dengan gerbong eksekutif KA Anggrek Bromo dengan pelayanan sementara untuk rute Stasiun Gambir Jakarta - Stasiun Surabaya Pasarturi.

Editor : Rahmat Fiansyah