Mendekati Lebaran, Harga Cabai Merah Melejit

Antara · Rabu, 13 Juni 2018 - 09:42 WIB

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

KARAWANG/PANGKALPINANG, iNews.id – Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional naik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Di Kabupaten Karawang Jawa Barat, harga cabai merah bisa mencapai Rp48 ribu per kilogram (kg). Di Pasar Baru Karawang, sejumlah pedagang menyebut kenaikan harga cabai merah itu dipicu minimnya pasokan yang diterima para pedagang di pasar tersebut.

"Kenaikannya luar biasa, dalam sehari kenaikannya bisa mencapai Rp10 ribu per kilogram," tutur Yusuf, seorang pedagang pasar sayuran di Pasar Baru Karawang, Rabu (13/6/2018).

Dia mengatakan, selama beberapa hari menjelang Lebaran, pasokan cabai di Pasar Induk Cikopo, Kabupaten Purwakarta, tiba-tiba berkurang sehingga harganya melonjak. Harga cabai merah sebelumnya Rp38 ribu per kg, tapi sekarang sudah mencapai Rp48 ribu per kilogram.

Menurut Yusuf, melonjaknya harga cabai merah itu cukup membingungkan, karena menjelang Lebaran pemesanan cabai biasanya meningkat.

"Tapi pedagang tidak bisa berbuat banyak karena dari Pasar Induk, harga cabai sudah tinggi," kata dia.

Sementara itu, harga cabai merah juga naik di sejumlah pasar tradisional di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kenaikan ini karena pasokan yang berkurang.

"Kenaikan harga yang tinggi juga dikarenakan biaya pengiriman komoditas yang ikut naik. Jadi harga cabai sekarang ini menjadi Rp45.000 per kg dari sebelumnya Rp31.000," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Pangkalpinang, Achmad Subekti.

Dia mengatakan kenaikan harga cabai merah biasa juga diikuti cabai merah kriting yang naik menjadi Rp45.000 dari Rp30.000 per kg, kemudian bawang merah lokal naik menjadi Rp42.000 dari harga Rp40.500 per kg.

"Kenaikan harga ini dipicu oleh mahalnya ongkos angkut barang barang tersebut melalui pesawat karena kapal yang biasanya digunakan untuk mengangkut tidak beroperasi lagi," katanya.

Sementara untuk harga cabai rawit merah mengalami penurunan sebesar Rp8.000 dari sebelumnya Rp53.000 menjadi Rp45.000 per kg. Untuk cabe rawit hijau turun dari Rp40.000 per kilogram menjadi Rp35.000.

"Untuk menjaga harga tetap stabil, kami akan terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Provinsi dan Satgas Pangan Babel untuk mencari solusinya, namun yang jelas saat ini barang-barang tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah

KOMENTAR