6 Investasi Terbaik untuk Hidup Lebih Baik

Rahmat Fiansyah ยท Rabu, 13 Juni 2018 - 15:22 WIB
6 Investasi Terbaik untuk Hidup Lebih Baik

ilustrasi. (Foto:Ant)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Orang yang gemar berinvestasi berpikir bahwa investasi terbaik adalah properti, saham, emas, atau barang antik. Banyak uang disisihkan untuk ditanamkan di instrumen-instrumen tersebut seolah-olah uang merupakan tujuan utama dalam hidup.

Ada satu prinsip yang dipegang yaitu berinvestasilah sebanyak mungkin dan belilah sedikit mungkin. Membeli sesuatu identik dengan pemborosan, sehingga berpikir berkali-kali agar mendapat barang semurah mungkin.

Orang yang berjiwa investor memiliki mindset selama tidak menghasilkan uang, sesuatu yang dibeli bukanlah aset,  liabilitas. Sebetulnya menghabiskan uang tidak selalu identik dengan pemborosan atau liabilitas. Bisa jadi hal itu merupakan investasi terbaik dalam hidup. Sekali lagi, uang bukanlah tujuan, melainkan cara untuk meningkatkan kualitas hidup.

Berikut 6 investasi terbaik dalam hidup seperti dikutip dari Business Insider:

1. Pendidikan

Di negara maju seperti Amerika Serikat, 70 persen calon mahasiswa mengandalkan pinjaman pendidikan (student loan) demi meraih pendidikan tinggi. Meski perdebatan muncul apakah pinjaman ini sepadan, Roger Ma, perencana keuangan dan Pendiri Life Laid Out percaya bahwa pendidikan merupakan hal yang paling sepadan meski mengeluarkan uang yang banyak.

“Investasi pada diri Anda pada dasarnya sepadan. Meningkatkan pengetahuan Anda bisa mendorong daya pikir, sehingga ini bisa mengukur berapa uang yang bisa dihasilkan dari pekerjaan Anda. Di samping itu, mempelajari sesuatu yang baru bisa membuat hidup lebih asyik dan menarik,” ujar Ma.

2. Berpergian

Melakukan perjalanan atau traveling bagus buat tubuh Anda dan hidup Anda secara keseluruhan. Ahli keuangan Stefanie O’Connel mengaku dirinya suka menghabiskan uang untuk dirinya. “Saya cukup royal saat melakukan perjalanan karena itu memberikan saya kesenangan,” kata O’Connel. Selain itu, riset Business Insider menunjukkan orang-orang lebih bahagia saat menghabiskan uang untuk membeli pengalaman daripada barang.

3. Kasur

Tidur merupakan hal yang esensial untuk kesehatan. Jadi cukup masuk akal kalau salah satu investasi terbaik adalah membeli kasur yang bisa memberikan kenyamanan secara optimal meskipun mungkin kita tak bisa merasakannya secara penuh delapan jam tiap malam.

“Kita menghabiskan 5-8 jam pada malam hari di kasur, tergantung pola tidur masing-masing. Mendapat istirahat malam yang baik akan berdampak pada hidup kita,” kata Ma. “Jika kita tidak mendapat tidur yang baik, kita tidak akan produktif dalam bekerja, mungkin tidak mendapat promosi, dan mungkin merasa seperti tidak berguna. Kasur yang bagus berarti bagus untuk kesehatan Anda dan itu akan berguna dalam jangka panjang.”

4. Pakaian yang Pas

Tidak peduli merek pakaian Anda, jika pakaian Anda tidak pas, terlalu besar atau terlalu kecil, penampilan Anda tidak akan bagus. Daripada berpikir hanya pada merek, lebih baik berpikir mencari pakaian yang pas dengan ukuran tubuh Anda.

“Saya pikir pakaian yang pas jauh lebih penting daripada merek. Tidak peduli berapa harga yang Anda bayar, pastikan pakaian Anda pas,” kata Ma.

5. Jasa yang Menghemat Waktu

Baik Ma dan O’Connel sepakat menggunakan jasa atau layanan bisa menghemat waktu Anda. “Waktu adalah satu hal yang tidak bisa diperoleh kembali,” kata Ma.

“Jika Anda bekerja dengan intensitas tinggi, maka membayar jasa sangat sepadan, termasuk membersihkan atau membetulkan bagian rumah yang rusak,” ujar Ma. ”Tinggal di New York, saya bersumpah layanan pengiriman apakah itu makanan, pakaian, membuat hidup jauh lebih mudah.”

“Saya dan pacar saya menggunakan jasa langganan makan seperti Hello Fresh, dan kami baru saja merekrut seseorang untuk membersihkan apartemen kami sebulan sekali,” kata O’Connell. “Kami tengah berada dalam satu titik kehidupan dimana waktu merupakan komoditas yang paling berharga, sehingga membayar sesuatu untuk membeli waktu kami menjadi masuk akal.”

6. Kesehatan

Siapa yang tidak ingin berinvestasi untuk kesehatan? Bagi O’Connell, ini merupakan pengeluaran yang paling penting.

“Saya hobi terhadap hal-hal yang berbau kesehatan, kelas kelompok fitness, makanan segar, jus segar. Selain memberikan kesehatan fisik, saya menganggap pengeluaran untuk ini sangat berharga untuk kesehatan mental."


Editor : Rahmat Fiansyah