Bank-Bank Ini Bikin Prediksi Juara Piala Dunia 2018

Rahmat Fiansyah · Kamis, 14 Juni 2018 - 15:28 WIB
Bank-Bank Ini Bikin Prediksi Juara Piala Dunia 2018

ilustrasi. (Foto: CNBC)

MOSKOW, iNews.id – Piala Dunia 2018, turnamen sepak bola terakbar yang mempertemukan negara-negara terbaik akan segera digelar di Rusia.

32 negara akan bersaing memperebutkan satu tropi bergensir yang dahulu diberi nama Jules Rimet Trophy itu. Para pemain pilihan juga akan unjuk kemampuan dalam 40 pertandingan yang dilaksanakan hanya dalam waktu sebulan.

Pertanyaannya siapa yang akan menjadi juara Piala Dunia kali ini? Tentu saja tak mudah menebak sang kampiun. Di berbagai dunia, banyak prediksi yang dikeluarkan mulai dari para pengamat sepak bola hingga hewan seperti anjing, gurita, dan lain-lain.

Dilansir New York Times, Kamis (14/6/2018) sejumlah lembaga keuangan dunia tidak ingin ketinggalan membuat prediksi pemenang Piala Dunia 2018 dari kacamata ekonomi, terutama statistik. Siapa saja mereka? Berikut daftar lengkap prediksinya:

1. Bank UBS: Jerman

Bank terbesar Swiss ini menggunakan sistem skor untuk setiap tim dengan pengukuran skill pemain di dalamnya objektif yang disebut rating Elo.

Kami mengambil variabel secara acak dalam jumlah besar dan menggunakanya untuk mengkalkulasi dan melakukan simulasi turnamen. Tim yang lebih baik memiliki kemungkinan juara daripada musuhnya yang lebih rendah, tapi ini sepak bola dan apapun bisa terjadi. Setelah kami mengulanginya lagi dan lagi sebanyak 10.000 turnamen virtual, kami menghitung seberapa banyak tiap tim menang.

Hasil: Jerman, Brasil, Spanyol kemungkinan besar akan juara dengan peluang Jerman menang paling tinggi yakni 24 persen.

2. Goldman Sachs: Brasil

Tim riset Goldman Sachs menggunakan prediksi dengan algoritma kecerdasan buatan (artificial intelligence).  

Kami mengambil data karakteristik tim, pemain, dan performa tim belakangan dan memasukkannya dalam empat kategori yang berbeda. Kategori ini ada dalam model machine learing untuk dianalisis jumlah gol di tiap pertandingan. Model ini kemudian mempelajari hubungan antara karakteristik dan gol yang dicetak, menggunakan skor pertandingan kompetitif seperti Piala Dunia dan Liga Champions sejak 2005. Dari sini, kami menemukan karakteristik mana yang bisa sukses.

Hasil: Skor algoritma tertinggi diraih Brasil sebesar 1,70 sementara Jerman memperoleh posisi kedua dengan 1,41.

Bonus: Goldman membuat prediksi kemenangan untuk Brasil dalam tiga Piala Dunia terakhir, dan hasilnya selalu salah.

3. Bank NG: Spanyol

Bank asal Belanda ini menggunakan teknik yang tidak biasa dalam memprediksi juara Piala Dunia, yaitu dengan menghitung peluang kesuksesan berdasarkan nilai pasar tiap negara dan performa di pertandingan sebelumnya. Nilai pasar ini diukur dari perkiraan nilai transfer tiap pemain dan rekam jejak tim dalam FIFA World Ranking.

Hasil: Spanyol akan menjadi juara dunia dengan nilai tim mencapai 1,04 miliar euro. Di bawahnya ada Prancis dengan selisih nilai tim yang tipis yakni 1,03 miliar euro.

4. Bank Nomura: Prancis Lawan Spanyol di Final

Bank asal Jepang ini memperlakukan turnamen seperti saat menjelaskan risiko investasi kepada investor.

Menjadi analis, kami harus menerapkan beberapa teknik dengan ketelitian untuk mengukur prediksi Piala Dunia, sehingga kami memutuskan untuk menggunakan teori portofolio dan hipotesa pasar yang efisien untuk Piala Dunia. Kami leihat nilai pasar pemain dalam setiap tim, momentum performa tim, dan rekam jejak performa tim hingga muncul tiga portofolio tim untuk diamati.

Hasil: Analisis mereka menyebut Prancis, Spanyol, dan Brasil paling mungkin masuk semifinal dan Prancis dan Spanyol akan bertemu di final.


Editor : Rahmat Fiansyah