Dorong Ekonomi Daerah, Menhub Ingin Rest Area Jadi Ajang Kuliner Lokal

Ade Miranti Karunia Sari ยท Kamis, 14 Juni 2018 - 16:46 WIB
Dorong Ekonomi Daerah, Menhub Ingin Rest Area Jadi Ajang Kuliner Lokal

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Okezone.com)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan akan mendorong tempat peristirahatan (rest area) sebagai ajang promosi kuliner masing-masing daerah saat arus balik Lebaran. Hal ini supaya tradisi mudik memberikan dampak positif bagi perekonomian lagi.

"Pulang ini kita ada ide lagi. Apa itu? Persiapan (arus balik) dengan baik dan gunakan mudik balik ini dengan wisata kuliner," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Menhub menilai, rest area merupakan tempat ideal bagi para penjaja kuliner untuk berjualan karena saat arus balik, para pemudik biasanya akan singgah cukup lama sebelum melanjutkan perjalanan. Hal ini berbeda dengan saat arus mudik karena mereka ingin mengejar waktu sampai di kampung halaman.

“Jadi saya akan bikin konsep dan saya akan minta BUMN dan swasta support itu. Nah itu, ide kita adalah mudik balik dengan kuliner," tutur Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu.

Rencananya ada 4 kota yang bakal menyajikan kuliner lokal di tiap rest area yang dilintasi oleh pemudik yaitu Batang, Pekalongan, Tegal, dan Brebes. Dengan begitu, para pemudik tak melulu harus menyantap kuliner khas kampung halaman mereka, tetapi kuliner tiap kota yang disinggahi. 

"Dan ini bisa jadi timing daripada satu mudik lebaran mereka bisa mudik kota asalnya, tapi dia punya pilihan bisa ke kota lain sesuai dengan selera mereka," ujar Menhub.


Editor : Rahmat Fiansyah