Jokowi: Online Single Submission Dibuka Minggu Depan

Antara ยท Sabtu, 23 Juni 2018 - 15:43 WIB
Jokowi: Online Single Submission Dibuka Minggu Depan

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: AFP)

DENPASAR, iNews.id – Sistem perizinan terpadu dalam jaringan (online single submission) akan dirilis minggu depan. Sistem ini akan mempercepat dan mempermudah proses penerbitan izin usaha.

"Kira-kira minggu depan kami buka online single submission. Semuanya sudah tidak musim lagi mengurus SIUP (surat izin usaha perdagangan) atau TDP (tanda daftar perusahaan) berminggu-minggu juga IMB (izin mendirikan bangunan) berbulan-bulan," ujar Presiden Joko Widodo di Denpasar, Sabtu (23/6/2018).

Menurut Presiden, dengan sistem dalam jaringan (daring). waktu atau kendala dalam proses pengurusan izin dapat ditelusuri mulai dari pusat hingga pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

"Dengan sistem ini bisa ditelusuri kalau di pusat di kementerian mana yang lama, provinsi dan kabupaten/kota di dinas mana yang lama, akan kena semua, bisa dilihat dengan sistem itu," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan sesuatu yang berkaitan dengan perizinan harus direformasi secara total agar dunia usaha bisa bergerak cepat, fleksibel dan tidak tertinggal dengan negara lain. Kendati demikian, dia meminta masyarakat khususnya pelaku usaha untuk bersabar karena mengubah budaya kerja menjadi lebih cepat membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan pelaku UMKM untuk menyadari perubahan teknologi yang begitu cepat seiring dengan revolusi industri 4.0. Perubahan itu, kata dia, mulai dari digitalisasi pemasaran dan perdagangan, dunia internet hingga sistem pembayaran yang tidak lagi mengandalkan uang tunai.

"Semuanya termasuk UMKM harus menyadari ada perubahan cepat yang harus diikuti. Mau tidak mau, kalau tidak akan tertinggal," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah