Jasa Raharja Bayarkan Asuransi kepada Korban KM Sinar Bangun

Antara ยท Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:01 WIB
Jasa Raharja Bayarkan Asuransi kepada Korban KM Sinar Bangun

Ilustrasi kapal. (Foto: DOK iNews)

SIMALUNGUN, iNews.id - PT Jasa Raharja menyerahkan klaim asuransi korban kapal penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kepala Sub Bagian Administrasi Klaim Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Pahala Hendra Hutabarat, mengatakan, asuransi untuk tiga korban meninggal dunia yang sudah ditemukan jasadnya masing-masing Rp50 juta diserahkan kepada ahli waris.

Korban tewas itu atas nama Tri Suci Wulandari, warga Aceh Tamiang kepada ayahnya Suyanto, Fahriyanti warga Kota Binjai kepada anaknya Rian Affandi, dan Indah Juwita Saragih warga Simalungun kepada ibunya Rosli Sarmaida Situmorang.

BACA JUGA:

Menhub Minta Jasa Raharja Bayar Asuransi Korban KM Sinar Bangun 5

Bagi korban yang jasadnya belum ditemukan tetap berhak atas asuransi setelah adanya kepastian jumlah dan identitasnya dari pihak berwenang. Hal itu berdasarkan UU No.33 tahun 1964 junto PP No.17 tahun1965 tentang Dana Kecelakaan Penumpang mengatur tentang ahli waris.

“Ketentuannya, suami atau istri dari korban yang sah, jika tidak ada jatuh pada anak-anak yang sah. Orang tua korban jika poin satu dan dua tidak ada, dan dinyatakan tidak ada ahli waris, jika ketiga poin tidak ada,” ucapnya.

Pahala mengatakan, ketentuan itu perlu dipahami pihak keluarga agar tidak ada permasalahan kedepannya. Dia juga menyebut, Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara sudah menerbitkan surat jaminan (guarantee letter) biaya perobatan bagi korban hidup ke pihak rumah sakit yang merawat luka-luka korban dengan maksimum Rp20 juta per orang.


Editor : Rahmat Fiansyah