Rampung 90 Persen, LRT Jakarta Siap untuk Asian Games

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 17:17 WIB
Rampung 90 Persen, LRT Jakarta Siap untuk Asian Games

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, progres pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta sudah hampir 90 persen rampung. LRT Jakarta ini nantinya akan dipergunakan saat Asian Games 2018 yang resmi dibuka 18 Agustus mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akhir pekan nanti pihaknya akan memantau progres kesiapan LRT Jakarta. Saat ini, LRT tersebut sudah dilakukan tes dinamis untuk memastikan saat Asian Games, LRT siap dioperasikan

Tes dinamis perlu dilakukan untuk menguji kesesuaian sarana dengan prasarana dan mengetes sarana antara spesifikasi teknis dan kenyataan di lapangan. "(LRT) Jakarta harusnya sudah hampir 90 persen," kata Menhub di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Selain itu, ia menyatakan bahwa sudah banyak investor baru yang tertarik berinvestasi di LRT Jakarta. Mayoritas berasal dari Korea, Jepang, China, dan beberapa negara Eropa.

"Oh investor itu banyak sekali, LRT itu sangat dinikmati, banyak termasuk Korea. Bahkan proyek kita yang di Kalimantan yang Makassar Pare-Pare kurang lebih ada investor 16," ucapnya.

Meskipun, lanjutnya, pemerintah berupaya agar salah satu proyek infrastruktur tersebut dibangun oleh pemerintah. Namun, sebagian dari sarana dan prasarana proyek diserahkan ke investor.

"Kita memang mengupayakan majority dari infrastruktur itu kita. Tapi sarana, sebagian prasarana, dan OM itu kita kasih investor," ujarnya.

Sebagai informasi, demi menyambut pengunjung mancanegara pemerintah telah mempersiapkan sarana penunjang Asian Games sejak 2015 termasuk renovasi GBK dan pembangunan LRT. Upaya persiapan sarana ini menghabiskan biaya sebesar Rp41,5 triliun untuk biaya operasional Rp7,2 triliun dan biaya konstruksi Rp34,3 triliun.

"Jadi kalau value kita lihat tidak hanya Asian Games tapi Jakarta dan Palembang tidak akan berhenti beroperasi begitu Asian Games selesai mereka akan menjadi bagian dari kota," kata Menteri PPN atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (26/4/2018).


Editor : Ranto Rajagukguk