Berpotensi Menguat, Rupiah Bergerak di Kisaran Rp14.368-14.380

Isna Rifka Sri Rahayu · Jumat, 13 Juli 2018 - 09:35 WIB

Ilustrasi. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id - Nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.368-14.380 per dolar AS. Sebelumnya, rupiah ditutup masih terdepresiasi 5 poin atau 0,03 persen menjadi Rp14.390 per dolar AS.

Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, meski terjadi penguatan tapi tidak sepenuhnya didukung oleh sentimen yang ada. Pergerakan dolar AS terapresiasi dengan memanfaatkan sentimen rilis data ekonominya dan melemahnya yen Jepang.

Masih rentannya rupiah dapat menghalangi potensi kenaikan lanjutan sehingga perlu dicermati berbagai sentimen, terutama pergerakan sejumlah mata uang global terhadap dolar AS. "Tetap mencermati dan mewaspadai potensi pelemahan lanjutan," kata Reza dalam risetnya, Jumat (13/7/2018).

Meski timbul kekhawatiran terhadap dampak dari terjadinya perang dagang AS-China, namun laju dolar AS cenderung mampu menguat seiring dengan penilaian mata uang tersebut mendapat keuntungan dari adanya perang dagang.

Di sisi lain, turunnya mata uang yen Jepang memberikan kesempatan pada dolar AS untuk kembali menguat. Tidak hanya itu, meningkatnya inflasi AS direspons positif sehingga berimbas pada meningkatnya laju dolar AS.

Sementara itu, meski laju dolar AS terlihat menguat, namun laju rupiah mampu terapresiasi seiring masih adanya imbas disetujuinya Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN 2019).

Sebagai informasi, rupiah berhasil memangkas pelemahan bahkan sempat menguat terhadap dolar AS sebelum penutupan perdagangan, Kamis (12/7/2018) di pasar spot. Mata uang Garuda tercatat berhasil keluar dari level Rp14.400-an per dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, posisi rupiah di akhir sesi kemarin bergerak ke Rp14.390 per dolar AS dengan rentang pergerakan harian Rp13.380-Rp14.445 per dolar AS.


Editor : Ranto Rajagukguk

KOMENTAR