Rp7,1 Triliun Dana Asing Masuk ke SBN, BI: Kepercayaan Investor Kuat

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 13 Juli 2018 - 19:07 WIB
Rp7,1 Triliun Dana Asing Masuk ke SBN, BI: Kepercayaan Investor Kuat

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) mencatat sebanyak Rp7,1 triliun dana asing masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN) selama periode 2-12 Juli 2018. Masuknya dana asing atau capital inflow tersebut dapat membuat rupiah keluar dari zona Rp14.400 dolar AS.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, adanya capital inflow menunjukkan kepercayaan pasar meningkat kepada Indonesia. Hal tersebut dapat membuat investor asing mau berinvestasi di Indonesia, khususnya pasar SBN.

"Dalam konteks seperti ini terkait pasar valas dan pasar keuangan kita, kalau kita lihat inflow ke SBN dari data 2-12 Juli kemarin itu berjumlah Rp7,1 triliun. Umumnya itu yang berjangka panjang di atas 10 tahun," ucapnya di Masjid BI, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

BI terus melakukan langkah stabilisasi nilai tukar rupiah dengan cara menaikkan tingkat suku bunga acuannya sebanyak 100 basis poin sejak Mei lalu. Kemudian BI juga berupaya untuk selalu berada di pasar dengan melakukan intervensi ganda.

"Berbagai kebijakan yang kita tempuh membuat imbal hasil pasar keuangan Indonesia, khususnya SBN itu berdaya saing dan itu semakin menumbuhkan juga arus inflow ke dalam," ucapnya.

Namun, dalam memperkuat kepercayaan investor ini BI tidak sendirian. Berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian Keuangan juga turut membantu dalam pengoordinasiannya.

"Koordinasi kami dengan Kemenkeu sangat erat untuk semakin meningkatkan, memperkuat confident investor terhadap pasar SBN kita," kata dia.

Sebagai informasi, pada Mei 2018 lalu, total penerbitan SBN (outstanding) mencapai Rp3.401,77 triliun atau tumbuh 11,32 persen. Dari jumlah tersebut, SBN berdenominasi rupiah sebesar Rp2.408,4 triliun sementara sedangkan SBN valuta asing sebesar Rp992,87 triliun.


Editor : Ranto Rajagukguk