Soal Penerimaan Negara, Ini Pesan Menkeu ke Ditjen Pajak dan Bea Cukai

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Sabtu, 14 Juli 2018 - 14:04 WIB
Soal Penerimaan Negara, Ini Pesan Menkeu ke Ditjen Pajak dan Bea Cukai

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id/Ade Miranti)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak bersinergi dengan Bea Cukai. Pasalnya, kedua institusi pemerintahan ini memiliki fungsi yang sama pentingnya dalam mengumpulkan penerimaan negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah meminta agar kedua institusi tersebut meningkatkan koordinasinya. Selama 2018, Ditjen Pajak dan Bea Cukai telah memiliki delapan program di antaranya join audit, join collection, join investigasi, hingga join proses bisnis.

"Saya harap sinergi ini akan makin mempererat dua institusi penting ini dalam menjaga cita-cita NKRI dalam mengumpulkan penerimaan pajak," ujarnya dalam pidato Hari Pajak di lapangan DJP, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

Selain itu, ia juga menekankan bahwa reformasi di bidang perpajakan harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini untuk memastikan penerimaan negara terus mengalir dengan sistem perpajakan yang berkeadilan.

Salah satunya dengan memperbaiki sistem administrasi perpajakan dengan efisien, transparan, dan bertatakelola yang baik. Dengan sistem yang baik, tentu dapat menciptakan wajib pajak yang patuh sehingga dapat berkontribusi bagi penerimaan negara.

Kemudian, reformasi pajak termasuk juga perbaikan peraturan perpajakan, teknologi informasi, perbaikan sumber data manusia, dan proses bisnis. "Anda semua saya harap memiliki semangat tinggi menjalaninya. Reformasi harus dimiliki dan dijalankan oleh seluruh pegawai pajak dari mulai kantor pusat hingga pegawai seluruh Indonesia," tuturnya.


Editor : Ranto Rajagukguk