Apindo: Maruf Amin Dapat Perkecil Kesenjangan Ekonomi

Isna Rifka Sri Rahayu · Jumat, 10 Agustus 2018 - 19:55 WIB
Apindo: Maruf Amin Dapat Perkecil Kesenjangan Ekonomi

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai calon wakil presiden (cawapres) dari kubu petahana, yakni Maruf Amin dapat memperkecil kesenjangan perekonomian di Indonesia. Pasalnya, sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama ini Maruf dikenal sebagai tokoh sosial kemasyarakatan.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, MUI pada 2017 mendorong Apindo untuk menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) tiap perusahaan anggota untuk membentuk kegiatan pemberdayaan ekonomi umat. Dukungan ini dapat diberikan dengan memberi pelatihan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kebetulan Apindo dan MUI itu kita masih terikat dalam satu kerja sama yang namanya membangun ekonomi keumatan untuk memperkecil kesenjangan. Jadi menurut saya perannya cukup besar ya," ujarnya saat dihubungi iNews.id, Jumat (10/8/2018).

Selain itu, calon wakil presiden yang akan menemani Joko Widodo dalam Pemilihan Umum 2019 ini, menurutnya mampu mendinginkan suhu politik. Apalagi selama ini isu politik selalu diwarnai dengan isu-isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

"Dengan adanya kehadiran Pak Maruf tentu akan membuat situasi itu akan lebih kondusif, lebih adem. Nah itu perannya Pak Maruf cukup besar," ucapnya.

Sebagai informasi, petahana atau calon presiden (capres) Joko Widodo menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Sementara itu, capres lainnya, Prabowo Subianto mendapuk Sandiaga Salahuddin Uno untuk menemaninya pada pesta demokrasi di tahun depan.

Kedua pasangan, hari ini juga telah mendaftarkan diri menjadi capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilpres 2019.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sebelumnya mengatakan pengumuman calon presiden-calon wakil presiden bisa memberikan kepastian kepada pelaku usaha untuk berinvestasi atau menanamkan modal.

"Sekarang sudah jelas. Kalau sudah jelas, semestinya wait and see-nya akan lebih berkurang," kata Darmin saat ditemui di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Darmin menyakini pengumuman calon presiden-calon wakil presiden ini tidak terlalu mengejutkan investor karena sudah diperkirakan sehingga tidak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan. "Saya kira orang percaya saja, tidak ada yang aneh kan? Kalau ada yang aneh, orang mulai ambil langkah-langkah yang tidak positif," ujarnya.


Editor : Ranto Rajagukguk