Dalam Sepekan, Laju IHSG Naik 1,16 Persen

Isna Rifka Sri Rahayu · Sabtu, 11 Agustus 2018 - 13:03 WIB
Dalam Sepekan, Laju IHSG Naik 1,16 Persen

Ilustrasi. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan ini mengalami peningkatan sebesar 1,16 persen. Pekan ini indeks berhasil bertengger ke level 6.077 dari 6.007,54 pada pekan lalu.

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI Oskar Herliansyah mengatakan, demikian halnya dengan kapitalisasi pasar BEI yang mengalami peningkatan sebesar 1,19 persen. Pada pekan sebelumnya sebesar Rp6.769,96 triliun kemudian menjadi Rp6.850,68 triliun di akhir pekan ini.

"Investor asing melakukan jual bersih pada pekan ini senilai Rp731 miliar. Sepanjang tahun 2018 investor asing sudah melakukan jual bersih senilai Rp48,76 triliun," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (11/8/2018).

Namun, rata-rata nilai transaksi harian perdagangan BEI mengalami penurunan selama pekan ini sebesar 30,55 persen menjadi Rp8,15 triliun dari Rp11,73 triliun pada pekan lalu. Begitu pun dengan rata-rata volume transaksi harian turun 18,85 persen menjadi 8,83 miliar unit saham dari 10,89 miliar unit saham di pekan sebelumnya.

"Untuk rata-rata frekuensi transaksi harian juga mengalami perubahan sebesar 5,58 persen menjadi 402.512 kali transaksi dari 426.312 kali transaksi pada minggu sebelumnya," kata dia.

Pada pekan ini, BEI kembali meresmikan pencatatan saham perdana PT MD Pictures Tbk di Papan Utama. Perusahaan Tercatat dengan kode FILM ini bergerak pada bidang Studio Perfilman dan masuk ke dalam sektor Trade, Services dan Investment. FILM tercatat sebagai Perusahaan ke-31 yang mencatatkan sahamnya di BEI di tahun 2018.

Melalui Kantor Perwakilan (KP) Palembang, BEI meresmikan Galeri Investasi BEI pertama di luar Kota Palembang, yaitu di Universitas Baturaja di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Di hari yang sama, Galeri Investasi Syariah BEI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa Mashiro diresmikan dan merupakan kerja sama BEI dengan Phintraco Sekuritas. KP Palembang juga meresmikan GI BEI di Universitas Tridinanti Palembang.

Kemudian, telah dilaksanakan peresmian GI BEI Universitas Atmajaya Makassar yang merupakan kerja sama dengan PT RHB Sekuritas Indonesia dan Universitas Atmajaya Makassar, serta Peresmian Galeri Investasi BEI Pasar Ranggagading Bogor yang berkolaborasi dengan AB Mitra MNC Sekuritas.

Pada pekan ini, BEI masih menyelenggarakan Seremoni Pembukaan Perdagangan untuk membina hubungan yang baik dengan stakeholders pasar modal. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) membuka perdagangan BEI dalam rangka Peluncuran Perdana Sistem C-BEST Next Generation (Next G).


Editor : Ranto Rajagukguk