Bangun Bandara di Jakarta, Menteri Rini: Harus Lebih Besar dari Soetta

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 17:22 WIB
Bangun Bandara di Jakarta, Menteri Rini: Harus Lebih Besar dari Soetta

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah berencana menambah satu bandar udara (bandara) internasional baru untuk Ibu Kota. Bila tidak ada aral melintang, di tahun 2020, bandara Soekarno-Hatta (Soetta) 2 akan dibangun untuk menampung pengunjung bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yang sudah melebihi kapasitas.

Oleh karenanya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menginginkan agar area bandara kedua tersebut lebih luas dari Bandara Soekarno-Hatta saat ini. Pasalnya, pemerintah memikirkan Bandara Soekarno-Hatta 2 ini dapat menampung pertumbuhan pengunjung hingga 2035.

"Menurut saya areanya yang saya harapkan harus bisa jauh lebih besar dari Soekarno Hatta yang sekarang. Harus bisa betul-betul kita memikirkan untuk 2035 karena pada dasarnya populasi kita nomor empat jadi pasti traffic-nya akan besar sekali," ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

Ia melanjutkan, Bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai bandara terbesar di Indonesia dengan luas 1740 hektare dan terletak di dekat Ibu Kota Jakarta tentu menjadi primadona masyarakat maupun turis asing. Apalagi menurut dia, pertumbuhan penumpang pesawat dari dalam negeri dapat jauh lebih besar.

"Karena middle class kita itu masih sangat rendah jadi mungkin dibanding negara lain kita bisa lebih banyak lagi tambahnya," ucapnya.

Dengan pertumbuhan ekonomi kelas menengah, maka keinginan masyarakat tersebut untuk menggunakan pesawat dapat bertambah. Pasalnya, kini pesawat bukan lagi transportasi mewah tapi telah menjadi hal bisa seperti transportasi darat dan laut.

"Semuanya pasti ingin ke ibu kota walaupun umpamanya sudah bisa dari Makassar ke Manado tapi mereka pasti suatu hari mau ke Jakarta. Nah ini yang harus kita siapkan," kata dia.

Untuk itu, selain berencana membangun Bandara Soekarno Hatta 2 pada 2020 nanti, saat ini PT Angkasa Pura II tengah melakukan ekspansi pada Bandara Internasional Soekarno Hatta. Misalnya dengan membangun Terminal 4, Runway 3, dan merevitalisasi Terminal 1 dan 2 untuk difungsikan menjadi terminal maskapai berbiaya rendah (low cost carier terminal/LCCT).

"Programnya sudah ada Terminal 3 terus Terminal 1 dan 2 akan direvitalisasi dan akan menjadi LCCT jadi ekspansinya akan lebih besar," tuturnya.


Editor : Ranto Rajagukguk