Rupiah Diprediksi Melemah di Kisaran Rp14.466-14.478

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Senin, 13 Agustus 2018 - 07:55 WIB
Rupiah Diprediksi Melemah di Kisaran Rp14.466-14.478

Ilustrasi. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.466-14.478 per dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah berpeluang bergerak melemah akibat penguatan dolar AS ditambah minimnya sentimen positif dari dalam negeri.

Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, pergerakan rupiah yang gagal kembali mengimbangi penguatan dolar AS dikhawatirkan dapat berbalik melemah. Apalagi dengan kondisi makroekonomi dalam negeri yang terdapat rilis kurang baik sehingga berpeluang melemahkan rupiah.

Meski terdapat peluang melemah, namun diharapkan aksi jual dapat lebih terbatas agar rupiah tidak melemah lebih dalam. "Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," kata Reza dalam hasil risetnya, Senin (13/8/2018).

Pada akhir pekan lalu pasca menguat, pelaku pasar kembali melakukan aksi lepas posisi pada rupiah dan beralih pada dolar AS yang sejak sebelumnya masih dalam tren kenaikan. Di sisi lain, melemahnya euro seiring dengan imbas turunnya nilai mata uang lira Turki turut berimbas pada melemahnya rupiah.

Menurut dia, Turki memiliki banyak eksposur utang terhadap Eropa sehingga ketika ekonomi negara ini di ambang krisis maka akan memengaruhi ekonomi Zona Eropa. Atas kondisi tersebut, euro pun cenderung melemah.

Selain itu, rilis melebarnya defisit neraca transaksi berjalan hingga 3 persen dari produk domestik bruto (PDB) turut menambah sentimen negatif. Di sisi lain, ingar-bingar pencalonan presiden dan wakilnya tampaknya tidak banyak terpengaruh pada rupiah.


Editor : Ranto Rajagukguk