Perkuat Literasi Keuangan, MNC Sekuritas Jangkau Sulawesi Tengah

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 06 September 2018 - 13:29 WIB
Perkuat Literasi Keuangan, MNC Sekuritas Jangkau Sulawesi Tengah

Peresmian Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Sulawesi Tengah. (Foto: MNC Media)

PALU, iNews.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menggandeng MNC Sekuritas membuka Kantor Perwakilan (KP) BEI Sulawesi Tengah yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 1 Petak 5, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Direktur Utama MNC Sekuritas, Susy Meilina berharap, KP BEI Sulteng dapat meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal di wilayah Sulteng, khususnya Palu.

Dengan peresmian KP BEI Sulawesi Tengah, MNC Sekuritas telah melayani masyarakat di 9 poin KP BEI secara nasional. Selain di Palu, KP BEI-MNC Sekuritas terdapat di kota Padang, Pontianak, Yogyakarta, Makassar, Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, dan Jakarta.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan bahwa KP BEI Sulteng merupakan point of sales pertama bagi MNC Sekuritas di wilayah Sulteng dan siap melayani calon nasabah dan nasabah Sulteng bersama dengan dua Anggota Bursa lainnya.

"Dengan peresmian tersebut, kami telah memiliki 114 point of sales secara nasional. Kami yakin dengan sinergi OJK, BEI, dan Anggota Bursa, tingkat literasi dan inklusi keuangan dapat semakin ditingkatkan,” kata Susy, Rabu (5/9/2018).

Selain MNC Sekuritas, BEI juga menggandeng dua perusahaan sekuritas lainnya. Dalam acara peresmian tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan pendidikan kepada siswa SD Karya Thayyibah Mamboro dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pasar Modal ke-4, Workshop Pasar Modal bagi wartawan setempat, serta Seminar Pasar Modal dengan tema “Investasi Cerdas di Pasar Modal.”

Berdasarkan survei literasi dan inklusi keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016, indeks literasi keuangan Indonesia tercatat sebesar 29,66 persen dengan indeks inklusi keuangan secara nasional sebesar 67,82 persen.

Sementara itu, Sulteng memiliki indeks literasi sebesar 22,55 persen dengan indeks inklusi 65,09 persen. Artinya, tingkat literasi dan inklusi keuangan Sulteng masih di bawah rata-rata nasional.

"Itulah sebabnya MNC Sekuritas menyelenggarakan Seminar Pasar Modal dalam berbagai kesempatan untuk memperkenalkan pasar modal kepada seluruh kalangan," ucap Susy.

Acara peresmian KP BEI Sulawesi Tengah tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi, dan Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina.


Editor : Rahmat Fiansyah