Antisipasi The Fed, Bank Indonesia Geser Jadwal Rapat Dewan Gubernur

Antara ยท Jumat, 14 September 2018 - 18:27 WIB
Antisipasi The Fed, Bank Indonesia Geser Jadwal Rapat Dewan Gubernur

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menggeser jadwal rapat dewan gubernur (RDG) ke pekan keempat September 2018.

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo mengatakan, jadwal RDG tersebut berbeda dengan sebelumnya yang biasanya dijadwalkan pada pekan kedua atau ketiga setiap bulan. Pergeseran ini diakuinya untuk menanti kepastian kebijakan bank sentral AS, The Fed.

"Kami hanya tunggu pengumuman dari The Fed. Harapannya RDG kami taruh pada pekan keempat september, kami sudah tahu posisi suku bunga Federal Reserve," ujar Dody, Jumat (14/9/2018).

Akhir September akan menjadi momentum ketika seluruh investor global menancapkan perhatian pada rapat komite pasar terbuka Bank Sentral AS (FOMC). Pada 25-26 September, The Fed diperkirakan menaikkan suku bunga acuannya untuk ketiga kali tahun ini.

Sementara BI menjadwalkan RDG pada 26-27 September 2018. BI sebelumnya mengkalkulasi The Fed pada September akan menaikkan suku bunga acuannya, dari level 1,75-2 persen saat ini.

Menjelang RDG September ini, BI masih menerapkan arah kebijakan moneter yang sama yakni mempertimbangkan kenaikan suku bunga dengan melihat perkembangan ekonomi terbaru dari domestik dan global.

Sejak awal tahun hingga September 2018, total BI sudah empat kali menaikkan suku bunga acuan dengan dosis 1,25 persen menjadi 5,5 persen. Penaikan kebijakan suku bunga itu untuk mengantisipasi tekanan ekonomi global yang bisa melarikan modal asing di pasar keuangan Indonesia.

Saat ini, BI masih melangsungkan kombinasi kebijakan moneter termasuk intervensi pasar agar nilai tukar bergerak ke rentang fundamentalnya. Dalam beberapa hari terakhir, nilai rupiah bergerak dalam tren menguat di level Rp14.800.

"Kita masih kombinasi dari situ. Jadi kalau kita masih intervensi artinya kita masih lihat dulu rupiah masih belum stabil," kata Dody.


Editor : Rahmat Fiansyah