Kemenhub Ingin Bikin Aplikasi untuk Saingi Go-Jek dan Grab

Ade Miranti Karunia Sari ยท Jumat, 14 September 2018 - 19:52 WIB
Kemenhub Ingin Bikin Aplikasi untuk Saingi Go-Jek dan Grab

ilustrasi. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membuat aplikasi jasa transportasi online seperti Go-Jek dan Grab.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemehub, Budi Setyadi mengaku tengah menjajaki ide tersebut. Rencananya, Kemenhub akan menggandeng BUMN PT Telkom Indonesia Tbk untuk mewujudkannya.

"Kita akan juga jajaki dan bekerja sama dengan pihak Telkom untuk kemudian barang kali ada pendalaman menyangkut masalah proses bisnis yang berasal dari aplikasi seperti ini, seperti apa. Untuk menyiapkan juga platform," kata Budi di kantornya, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

BACA JUGA:

Pemerintah Minta Massa Ojek Online Tak Blokir Jalan saat Unjuk Rasa

Pekan Depan, 50.000 Driver Ojek Online Gelar Unjuk Rasa di Kantor Grab

Di tempat yang sama, Direktur Angkutan dan Multimoda Kemenhub Ahmad Yani belum bisa memastikan kapan aplikasi itu diluncurkan. Dia hanya mengatakan, jika terwujud, aplikasi ini akan dikelola oleh pemerintah lewat Kementerian BUMN.

"Kita akan coba melakukan penyiapan bersama-sama dengan Telkom. Jadi, yang menggarap BUMN harapannya. Sementara ini kita sudah berbicara dengan Telkom," ujarnya.

Ahmad mengungkapkan, ide ini meniru Korea Selatan. "Konsepnya menjadi platform seperti di Korea. Korea itu umumnya pemiliknya pemerintah," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah