Saham-Saham Semikonduktor Bangkit, Wall Street Dibuka Naik Tipis

Rahmat Fiansyah · Jumat, 14 September 2018 - 21:21 WIB
Saham-Saham Semikonduktor Bangkit, Wall Street Dibuka Naik Tipis

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

NEW YORK, iNews.id - Bursa saham Amerika Serikat (AS) dibuka menguat pada perdagangan akhir pekan, Jumat (14/9/2018) pagi waktu setempat.

Dilansir CNBC, indeks Dow Jones industrial average naik 51 poin. Indeks S&P 500 naik 0,1 persen dan Nasdaq Komposit menguat 0,2 persen.

Kenaikan Wall Street ditopang oleh bangkitnya saham semikonduktor. ETF VanEck Vectors Semiconductor menguat 0,5 persen ditopang saham Nvidia yang naik lebih dari 1 persen dan Advanced Micro Devices yang naik 2,4 persen.

Saham-saham keuangan juga naik 0,6 persen setelah imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS dengan tenor 10 tahun kembali menembus level 3 persen. Saham J.P. Morgan Chase dan Bank of America naik 0,5 persen sementara Morgan Stanley dan Goldman Sachs juga menguat masing-masing 1,5 persen dan 0,9 persen.

S&P 500 berada pada jalur untuk mencetak kenaikan lima hari beruntun dalam sepekan. Pelaku pasar tengah semringah dengan laporan negosiasi dagang antara AS dan China.

"Motor utama penggerak saham minggu ini berasal dari negosiasi dagang dengan China. Isu dagang selama ini menjadi satu-satunya faktor yang menahan laju pasar," kata Randy Frederick, Vice President Schwab Center for Financial Research.

Saham Boeing dan Caterpillar, dua emiten yang terpengaruh isu perdagangan global juga menguat masing-masing 1,8 persen dan 3 persen pekan ini.

Chief Investment Strategist Raymond James, Jeff Saut mengatakan, optimisme baru isu perdagangan ini menjadi sinyal kesempatan untuk berinvestasi di bursa saham China.

"Jika ada progres negosiasi dalam beberapa minggu ke depan, ini akan membantu melepaskan tekanan pada saham-saham China dan mengangkat sentimen buruk yang masih menjadi kekhawatiran investor," ujar Jeff.


Editor : Rahmat Fiansyah