Menkeu Tantang Pengusaha Laporkan Oknum Pajak dan Bea Cukai yang Nakal

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 14 September 2018 - 22:11 WIB
Menkeu Tantang Pengusaha Laporkan Oknum Pajak dan Bea Cukai yang Nakal

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menantang pengusaha untuk melaporkan oknum pegawainya yang nakal.

Pernyataan itu merespons keluhan pengusaha soal pemeriksaan pajak impor yang dinilai terlalu memakan banyak waktu.

"Kalau mereka diperlakukan semena-mena enggak jelas, tolong sampaikan ke kami, i will respond to that, saya akan langsung copot. Saya sangat senang kalau Anda semua tunjuk jelas di mana lokasinya, siapa yang melakukan akan langsung saya copot," kata Menkeu di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Menkeu mengatakan, langkah tegas tersebut merupakan komitmen dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menjadi institusi yang bersih. "Kami akan berusaha untuk me-reform untuk cukai dan pajak, dari internal kita, kami butuh bantuan Anda semua, kalau ada kasus yang tidak baik," ucapnya.

Selain itu, Kemenkeu juga ingin membangun hubungan yang baik dengan pengusaha. "Tahun lalu, kita bikin TA (tax amnesty), we want to use it untuk memulai lembaran baru, based on trust," ucap Menkeu.

Di samping Kemenkeu berbenah, dia juga meminta kerja sama dari pengusaha untuk menjaga ekonomi Indonesia. "Mau profit tapi daya tahan ekonomi semua juga dijaga dong, ekonomi dengan 200 juta rakyat," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengeluhkan pemeriksaan barang impor yang dilakukan oleh Kemenkeu.

"Mereka tidak khawatir untuk diperiksa, tapi mengenai time consuming dalam menyiapkan data dan hal lain yang membuat suasana tidak nyaman dalam berusaha," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah