Integrasi JORR Segera Diberlakukan, Simak Ruas Tol dan Tarifnya

Rahmat Fiansyah · Sabtu, 15 September 2018 - 12:40 WIB
Integrasi JORR Segera Diberlakukan, Simak Ruas Tol dan Tarifnya

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera memberlakukan integrasi tarif tol lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengecek langsung kesiapan pemberlakuan integrasi tarif JORR dengan mengunjungi akses Bintaro-Viaduct. Sosialisasi rencananya akan dilakukan selama seminggu ke depan.

Basuki kembali menegaskan bahwa pemberlakuan integrasi JORR bukan untuk menaikkan tarif tol. Dia pun mencontohkan, pengguna jalan tol yang masuk dari SS Penjaringan hingga Kebon Bawang sebelumnya terkena tarif dua kali dengan total Rp34.000 untuk golongan I dan Rp94.500 untuk golongan V.

"Dengan diberlakukannya integrasi JORR maka tarif golongan I menjadi Rp 15.000,- sedangkan golongan V menjadi Rp 30.000, sehingga dengan pemberlakuan integrasi JORR, akan terdapat penurunan tarif tol yaitu tarif golongan I turun sebesar Rp 19.000,- sedangkan golongan V turun sebesar Rp 64.500," ucap Basuki melalui keterangan tertulis, Sabtu (15/9/2018).

Bahkan, kata Basuki, ada beberapa ruas tol yang tidak berubah tarifnya jika sangat dekat. Salah satunya ruas Bintaro-Viaduct sebesar Rp3.000. Namun, jika dari Viaduct menuju Pondok Aren dikenakan Rp15.000 atau naik Rp2.500.

"Dengan demikian, konsep integrasi jelas bukan untuk menaikkan, justru turun. Tujuan integrasi adalah menurunkan biaya logistik," ucapnya.

Berikut sembilan ruas tol yang masuk dalam integrasi tarif tol sepanjang 76 kilometer tersebut:

1. Seksi W1 (SS Penjaringan-Kebon Jeruk)

2. Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami)

3. Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang)

4. Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini)

5. Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir)

6. Seksi E2 (Cikunir-Cakung).

7. Seksi E3 (Cakung-Rorotan)

8. Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang)

9. Jalan Tol Ulujami-Pondok Aren.


Editor : Rahmat Fiansyah