Maksimal dalam Bekerja, Pendiri Amazon.com Sarankan Tidur 8 Jam Sehari

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Minggu, 16 September 2018 - 19:09 WIB
Maksimal dalam Bekerja, Pendiri Amazon.com Sarankan Tidur 8 Jam Sehari

CEO Amazon.com Jeff Bezos. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - CEO Amazon.com Jeff Bezos memastikan tidur selama delapan jam setelah beraktivitas. Hal ini karena ia tidak ingin mengambil risiko membuat keputusan yang salah pada keesokan harinya hanya karena lelah akibat kurang istirahat.

"Aku memprioritaskan itu (tidur selama 8 jam). Aku berpikir lebih baik. Aku mendapatkan lebih banyak energi. Suasana hatiku lebih baik," ujarnya dalam sebuah wawancara dikutip dari Business Insider, Minggu (16/9/2018).

Kebiasaan ini karena pendiri e-commerce terbesar di dunia tersebut merasa bertanggung jawab untuk membuat keputusan bernilai tinggi untuk perusahaan. Apalagi setiap harinya ia diharuskan membuat ribuan keputusan penting.

"Apakah itu benar-benar berharga jika kualitas keputusan itu menjadi lebih rendah hanya karena lelah atau menggerutu?" kata dia.

Sebelumnya, Bezos telah berbicara mengenai pentingnya tidur delapan jam. Kebiasaan ini, baginya harus menjadi prioritas setiap harinya.

"Tidur delapan jam membuat perbedaan besar bagiku dan aku berusaha keras untuk menjadikannya prioritas," ucapnya dalam sebuah wawancara di tahun 2016.

Menurut dia, delapan jam merupakan waktu yang pas yang dibutuhkan tubuh untuk merasa bersemangat. Meskipun dalam menjalani hidup ia harus memilih keputusan-keputusan setiap harinya tapi tidak perlu untuk selalu memaksimalkan setiap keputusan yang diambil.

"Membuat sejumlah kecil keputusan penting akan lebih penting daripada membuat keputusan dalam jumlah besar," ucapnya.

Mengurangi waktu tidur menurutnya memang akan memberikan waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan. Namun, waktu ekstra tersebut tidaklah produktif karena dijalani saat tubuh merasa kelelahan.

"Jika kamu mengurangi tidurmu, kamu mungkin mendapatkan beberapa jam tambahan yang produktif, tetapi produktivitas itu mungkin hanya ilusi. Ketika kamu berbicara tentang keputusan dan interaksi, kualitas biasanya lebih penting daripada kuantitas," tuturnya.

Bezos saat ini memiliki total kekayaan 105,1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) sehingga mampu menyalip pendiri Microsoft, Bill Gates. Bezos pertama kali menyalip Gates pada Oktober 2017 di mana saat itu kekayaannya mencapai 93,8 juta dolar AS.

Padahal, Gates sudah memegang gelar ini sejak 1995 dengan total kekayaan 12,9 miliar dolar AS. Sementara saat ia masih berumur 31 tahun di 1987 sudah dinobatkan sebagai miliarder termuda.


Editor : Ranto Rajagukguk