Bank BCA Sebut Laju Kredit KPR Tertahan Kenaikan Suku Bunga

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 20:45 WIB
Bank BCA Sebut Laju Kredit KPR Tertahan Kenaikan Suku Bunga

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) menilai, laju pertumbuhan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) belum terlihat signifikan. Padahal Bank Indonesia (BI) telah melonggarkan maksium nilai kredit (Loan To Value/LTV) sejak Agustus lalu agar memudahkan masyarakat untuk mengambil KPR dengan uang muka yang rendah.

Executive Vice President of Consumer Credit Business BCA Felicia M. Simon mengatakan, pertumbuhan KPR yang tertahan ini disebabkan tren suku bunga acuan BI yang terus naik. Pasalnya, kenaikan suku bunga acuan BI akan mempengaruhi kenaikan suku bunga KPR.

"Ada satu hal yang bisa berpengaruh terhadap dorongan yang kita harapkan dari relaksasi LTV ini, yaitu suku bunga. Karena 21 Agustus mulai relaksasi, saat itu juga suku bunga sudah mulai kelihatan trennya naik," ujarnya di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

BACA JUGA:

Colliers: Aturan Rumah Tanpa DP Tak Signifikan Dorong Properti

Suku Bunga Naik, Aturan Rumah Tanpa DP Jadi Kurang Nendang 

Dia melanjutkan, masyarakat cenderung mengkalkulasi ulang kenaikan suku bunga tersebut. Sebab, suku bunga KPR yang naik akan berpengaruh pada besaran angsuran yang harus dibayar masyarakat ke bank.

"Menurut saya lebih ke arah suatu saat masyarakat mau mencoba menyesuaikan dulu dengan perkembangan suku bunga saat ini," kata dia.

Kendati demikian, dia tetap optimistis dengan kebijakan relaksasi LTV yang dapat mendorong pertumbuhan KPR saat kecenderungan arah suku bunga berubah. Apalagi, kebutuhan masyarakat akan hunian akan selalu bertambah setiap saat.

Berdasarkan riset Housing Finance Center BTN, kebutuhan rumah di Jakarta dalam 13 tahun mendatang akan terus meningkat, akhir tahun 2030 kemungkinan backlog menembus sekitar 1,751 juta rumah.

"Setelah ini yang namanya kebutuhan rumah itu kan biasanya orang paling menunda, kebutuhannya tetap ada. Kita lihat dalam periode saat ini semacam itu ya, mungkin mereka menunda, menghitung lagi. Setelah itu harusnya bisa masuk lah," tuturnya.

Setelah relaksasi LTV, BCA memberlakukan uang muka untuk KPR minimal 5 persen. Hingga saat ini penyaluran KPR BCA sudah mencapai sekitar 10 persen dan target selama 2018 penyaluran KPR dapat mencapai 10-12 persen.


Editor : Rahmat Fiansyah