Hampir Normal, Kapasitas Listrik di Palu yang Pulih Capai 85 Persen

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 22:02 WIB
Hampir Normal, Kapasitas Listrik di Palu yang Pulih Capai 85 Persen

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menyebut, pasokan listrik ke Palu hampir normal kembali pada kondisi sebelum gempa mengguncang wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) beberapa waktu lalu.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, kapasitas listrik terpasang di Palu sudah mencapai 102 megawatt (MW) atau 85 persen.

"Di Palu listrik alhamdulillah sudah 85 persen pulih. Dari kapasitas terpasang kemarin, sebelum terjadi bencana 125 MW sekarang 102 MW yang terpasang," ujar Arcandra di kantornya, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Kendati demikian, kata Arcandra, seluruh masyarakat belum bisa menikmati sepenuhnya pasokan listrik. Dia menyebut, dari kapasitas terpasang, baru 60 MW yang dialiri ke rumah-rumah penduduk.

"Separuhnya, baru ada marginnya. Tapi PLN akan memulihkan beban seperti sebelum terjadi tsunami 125 MW. Secepatnya. Kita juga kasih bantuan ke BNPB, juga kepada TNI yang bertugas di sana," kata dia.

Untuk air bersih, pria asal Padang itu mengatakan pemerintah berencana membor sumur di 50 titik. Sejauh ini, sudah 23 sudah 23 titik berhasil teridentifikasi di mana 5 titik telah selesai dibor dan 6 titik masih dalam proses pemboran.

"Sumur bor sangat membantu, kemarin di dekat kamp-nya ESDM sudah dilakukan pengeboran untuk sumur air," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah