Jokowi Telepon Jonan untuk Batalkan Kenaikan Harga Premium

Okezone ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 22:50 WIB
Jokowi Telepon Jonan untuk Batalkan Kenaikan Harga Premium

Presiden Joko Widodo. (Foto: AFP)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

NUSA DUA, iNews.id - Istana angkat bicara soal keputusan pemerintah menunda kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium.

Staf Khusus Presiden Johan Budi SP mengatakan, keputusan tersebut murni berasal dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu RI itu menghubungi langsung Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

"Saya belum dengar dari Pak Jonan, tapi saya sudah menanyakan ke Pak Presiden kemarin sebelum berangkat ke Bali. Saya dapat keterangan bahwa Presiden membenarkan dia yang menelepon Pak Jonan untuk membatalkan kenaikan itu," ujar Johan di Nusa Dua, Jumat (12/10/2018).

BACA JUGA:

Minta Kenaikan Harga Premium Ditunda, Rini Sudah Konsultasi ke Jokowi

7 Kali Naik Turun Harga Premium Era Presiden Jokowi

Kendati demikian, soal pengumuman kenaikan harga yang sempat dilakukan Jonan pada beberapa hari lalu, Johan menyatakan belum mengetahui apakah pengumuman tersebut memang sudah sesuai perintah Jokowi atau tidak.

"Saya enggak ada omong tahu atau tidak menahu. Saya hanya bisa sampaikan Pak Jokowi yang minta pembatalan itu. Pak Jonan kan membatalkan itu karena atas arahan Presiden," kata dia.

Johan juga membantah arahan penundaan dari Jokowi tersebut karena kegaduhan yang terjadi pasca adanya pemberitaan kenaikan harga premium. Dia menyebut, arahan diberikan setelah mendapat laporan dari PT Pertamina (Persero) yang menyatakan tidak siap.

"Enggak. Jadi Presiden menceritakan setelah mendapatkan data dan info dari Pertamina kemudian disimpulkan Premium tidak perlu dinaikkan," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah