Winter is Coming, IMF Sarankan Indonesia Perkuat Daya Tahan Ekonomi

Arief Sinaga ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 19:05 WIB
Winter is Coming, IMF Sarankan Indonesia Perkuat Daya Tahan Ekonomi

Direktur Eksekutif IMF Juda Agung (kiri). (Foto: MNC Trijaya/Arief Sinaga)

NUSA DUA, iNews.id - Dana Moneter Internasional (IMF) menyarankan Indonesia untuk memperkuat daya tahan ekonomi untuk menghadapi apa yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya sebagai "winter of coming."

Direktur Eksekutif IMF Juda Agung mengatakan, arti "winter of coming" yang dimaksud Presiden terkait dengan sesuatu yang besar yang akan datang menghadapi negara-negara dunia, termasuk negara-negara emerging market yang terkenda dampaknya.

"Pertama, perkuat buffer dari sisi fiskal dan cadangan devisa. Kedua, melakukan reform agar mempunyai daya tahan terhadap risiko yang terjadi. Ketiga, perlu kerja sama dalam menghadapi tekanan ekonomi global," kata Juda di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018).

BACA JUGA:

Kala Jokowi Angkat The Avengers dan Game of Thrones di Forum Global

Bos Bank Dunia dan IMF Minder Lihat Jokowi Pidato soal Game of Thrones

Juda menilai, IMF telah mervisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2018 dari 3,9 persen menjadi 3,7 persen. Angka tersebut dinilainya masih cukup tinggi meski masih ada berisiko seperti normalisasi kebijakan moneter Fed, risiko perang dagang, dan kenaikan harga minyak mentah dunia.

Mantan Direktur Eksekutif Bank Indonesia itu menambahkan, Indonesia juga perlu mendorong kerja sama perdagangan lebih luas (multilateralism) untuk menghindari dampak perang dagang.


Editor : Rahmat Fiansyah