5 Wisata Eksotis Wajib Dikunjungi Usai Covid-19, Nomor 3 Ada Hamparan Edelweiss

Vien Dimyati ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 11:30 WIB
5 Wisata Eksotis Wajib Dikunjungi Usai Covid-19, Nomor 3 Ada Hamparan Edelweiss

Destinasi eksotis yang bisa dikunjungi (Foto: Instagram @by_ewold)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat wisata eksotis di Indonesia yang wajib dijelajahi usai Pandemi. Mulai dari pantai, pegunungan, candi, dan perbukitan. Masing-masing tempat memiliki daya pikat tersendiri.

Selama Pandemi Covid-19, masyarakat memang tidak bisa travelling dan kulineran di tempat-tempat mengasyikkan. Terutama sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Tenang saja, meski Anda belum bisa travelling, tidak ada salahnya menyimpan daftar objek wisata populer untuk dikunjungi. Usai Pandemi, baru Anda bisa menjelahi dengan tenang.

Ingin tahu apa saja tempat eksotis tersebut? Berikut ulasannya dirangkum Kamis (21/5/2020).

1. Pantai Watu Lumbung, Yogyakarta

Salah satu pantai yang dapat dikunjungi wisatawan adalah Pantai Watu Lumbung di Desa Balong, Kecamatan Girisubo. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Wediombo yang cukup terkenal.

Dinamakan Watu Lumbung karena di pantai ini ada batu karang besar yang cukup tinggi dan bentuknya menyerupai lumbung. Dalam bahasa Jawa, watu berarti batu. Bongkahan karang besar ini pun menjadi salah satu ikon di Pantai Watu Lumbung.

Masih banyak lagi karang bertebaran di sekitar pantai dengan bentuknya yang unik-unik. Sebagian membentuk cekungan dan menampung air laut ketika surut. Di sinilah umumnya wisatawan suka bermain air sembari menunggu matahari terbenam. 

2. Curug Love, Bogor

Berwisata ke Curug Love, Anda akan disajikan pemandangan alam yang masih natural, seperti berada di pedesaan. Di sini Anda masih bisa menghirup udara segar, airnya jernih dan dingin.

Curug ini unik karena di tengah aliran sungai terdapat batu yang tampak seperti bentuk hati, melambangkan cinta. Lokasi Curug Love tidak jauh dari Jakarta. Objek wisata ini terletak di Sentul Bogor. Tepatnya di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

3. Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, ada ratusan ribu pendaki yang berjuang menaklukkan puncak Rinjani pada ketinggian 3.726 mdpl tersebut, terlebih pada saat menjelang 17 Agustus.

Konon, Gunung Rinjani merupakan gunung dengan pemandangan terindah se-Asia. Di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang merupakan spot menarik para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan.

Nah, sebelum memutuskan untuk mendaki, buatlah persiapan sematang mungkin. Tidak hanya bekal mendaki, tapi juga mental dan stamina. Kebanyakan pendaki menyerah di tengah jalan karena tidak punya persiapan yang matang.

4. Pulau Sombori, Sulawesi Tengah

Selain mirip Raja Ampat, Pulau Sombori juga mirip Phi Phi Island di Thailand. Banyak yang bilang, Pulau Sombori jauh lebih indah ketimbang Phi Phi Island.

Di Pulau Sombori, kealamian alamnya masih sangat terjaga. Air pantai yang jernih kebiru-biruan dengan arus yang tenang sangat menggoda. Dikelilingi gugusan pulau hijau dan tebing karst yang cantik, pulau ini begitu nikmat dipandang mata.

5. Gunung Prau, Dieng

Gunung Prau namanya. Letaknya berada di wilayah Dieng. Namun, secara administratif Gunung Prau berada di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung.

Di musim liburan, gunung yang dijuluki ‘Gunung Seribu Bukit’ ini bisa dijejali sampai ratusan pendaki. Biasanya, mereka berangkat malam hari, menghabiskan malam di camping ground, untuk menikmati sunrise dan turun kembali.

Gunung Prau menjadi salah satu gunung favorit pendaki dan pelancong karena kemudahan dan pemandangan indahnya. Tak hanya sunrise dan sunset, saat hari cerah, Telaga Warna dan bukit-bukit di sekeliling Dataran Tinggi Dieng juga terlihat dari Gunung Prau.


Editor : Vien Dimyati