Air Terjun Tanggedu, Eksotis karena Relief di Batu dan Airnya Biru

Vien Dimyati ยท Rabu, 30 Januari 2019 - 09:10 WIB
Air Terjun Tanggedu, Eksotis karena Relief di Batu dan Airnya Biru

Air Terjun Tanggedu (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Nusa Tenggara Timur (NTT) belum lengkap tanpa mengunjungi Sumba. Berada di Sumba, Anda tak hanya dimanjakan dengan pemandangan pantainya saja. Tetapi, di sini juga terdapat air terjun kembar yang bernama Tanggedu.

Air Terjun Tanggedu mirip dengan Grand Canyon atau Twin Canyon karena memiliki tebing-tebing batu yang terukir dengan cantik. Aliran air yang mengalir di antara tebing ini terlihat memukau, tidak seperti air terjun pada umumnya. Air Terjun Tanggedu mengalir dari tebing bebatuan yang rendah.

Air terjun ini berada di Desa Tanggedu, Kecamatan Haharu, berjarak 45 km dari pusat Kota Wangaipu, Sumba Timur. Kecantikan air terjun ini terletak pada tebing berbatu yang mengapit aliran jernih berwarna biru.

"Nusa Tenggara Timur, khususnya Sumba, tak hanya terkenal dengan destinasi padang rumput atau pantainya. Air terjun merupakan salah satu keindahan alam tersembunyi di Sumba yang masih belum banyak terjamah oleh para wisatawan. Nah salah satunya ini gengs, Air Terjun Tanggedu. Keep your environment clean & keep relying on #Entertraveller," tulis Instagram @Entertraveller, dikutip Rabu (30/1/2019).

Aliran Air Terjun Tanggedu berkelok-kelok, relief pada bebatuannya terlihat indah dan menjadi spot untuk Anda para pemburu foto. Tak hanya tebing-tebingnya yang kerap diincar untuk dijadikan background foto. Traveler yang datang ke air terjun ini juga dapat berfoto di antara air terjun yang mengalir dan juga di aliran sungai yang terapit bebatuan.

Untuk mencapai air terjun ini memang membutuhkan perjuangan. Karena jalan yang dilalui belum begitu mulus, sehingga Anda harus memarkirkan kendaraan agak sedikit jauh dari lokasi air terjun.

Anda harus melakukan perjalanan sejauh 2,5 km tanpa kendaraan menuju Mondu dan Kampung Adat Painatang. Meski Anda akan terasa lelah, tapi akan terbayar dengan pemandangan alam dan air terjun Tanggedu.


Editor : Vien Dimyati