Air Terjun Turbo Asahan Eksotis, Semburannya Keluar dari Celah Tebing

Vien Dimyati ยท Rabu, 06 Maret 2019 - 07:27 WIB
Air Terjun Turbo Asahan Eksotis, Semburannya Keluar dari Celah Tebing

Air terjun turbo asahan jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kabupaten Asahan di Sumatera Utara terkenal dengan destinasi wisata alam. Tak hanya pegunungan, Asahan juga memiliki objek wisata air terjun dan danau. Bahkan, keindahannya mampu menghipnotis wisatawan yang berkunjung. Sebut saja Danau Teratai, Air Terjun Simonang-Monang, Air Terjun Ponot, Bedeng, Arung Jeram Sungai Asahan, Pelabuhan bagan Asahan, Danau di Kelurahan Kisaran Naga, Pasiran, dan masih banyak lagi.

Ada satu objek wisata lagi yang belum banyak orang ketahui. Namanya Air Terjun Turbo. Singkatan dari Turunan Bolon yang diambil dari nama sebenarnya, yaitu Sampuran Bolon. Dalam bahasa Batak, ‘Sampuran’ artinya deras. Sesuai dengan namanya, air yang keluar dari celah di antara tebing batu itu memiliki debit air yang sangat deras. Ketinggiannya sekitar 100 meter. Karena itu, air terjun ini dinamai oleh pengunjung dan warga setempat dengan sebutan Air Terjun Turbo.

"Salah satu air terjun eksotis di Kabupaten Asahan. Air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar dan jernih. Spesialnya, kawasan air terjun ini dikelilingi oleh tebing seperti lembah dengan perpaduan alam yang masih asri," tulis Instagram @indoflashlight, Rabu (6/3/2019).

Keindahan Air Terjun Turbo masih alami dibandingkan beberapa destinasi wisata air terjun di Kabupaten Asahan. Keasriannya masih sangat terjaga karena belum banyak yang menjamahnya. Mungkin karena jalan menuju ke sana belum cukup baik.

Lokasi Air Terjun Turbo berada di Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Air terjun ini berjarak sekitar 200 km dari Kota Medan dan membutuhkan waktu sekitar enam jam. Sedangkan jika berangkat dari Kota Kisaran, hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan.

Untuk mencapai Air Terjun Turbo harus melalui rute yang cukup melelahkan. Justru di sini keseruannya. Jiwa berpetualang Anda akan dibangkitkan kembali. Disarankan, stamina harus fit. Selama perjalanan, Anda akan melewati perkebunan pohon karet, kelapa sawit, dan jalan turunan dengan batu cadas.

Medannya cukup berat, jalan tanah berbatu akan menjadi tantangan bagi kendaraan. Harus berhati-hati terutama ketika hujan. Memasuki kawasan air terjun, Anda cukup membayar parkir Rp5.000. Untuk bisa menikmati air terjun, Anda masih harus menempuh waktu sekitar 30 menit dengan menyusuri jalan setapak.

Jalan yang dilalui pun cukup menguji adrenalin. Anda masih harus menyeberangi sungai yang cukup deras mencapainya. Cukup melelahkan. Namun, semuanya terbayar setelah sampai dan melihat betapa megah dan indahnya Air Terjun Turbo. Selain menikmati pemandangan air terjun, aktivitas yang bisa dilakukan antara lain memancing, berkemah, dan foto bersama teman atau keluarga.


Editor : Tuty Ocktaviany