Asyiknya Menikmati Keindahan Pantai Seger Lombok dari Atas Bukit

Vien Dimyati ยท Rabu, 10 April 2019 - 17:20 WIB
Asyiknya Menikmati Keindahan Pantai Seger Lombok dari Atas Bukit

Pantai Seger Lombok jadi primadona wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pulau Lombok memang terkenal dengan keindahan pantainya. Selain cantik, pantai-pantai di Lombok kebanyakan masih bernuansa alami. Salah satunya Pantai Seger yang menjadi destinasi favorit di wilayah Lombok Tengah bagian selatan.

Pantai ini memiliki struktur alam yang unik dan sangat indah. Mulai dari gugusan bukitnya yang beragam, batu karang yang masih terjaga, pasir pantainya yang putih, serta ombaknya yang menjadi favorit para surfer.

"Di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat, ada Batu Malin Kundang. Legenda serupa juga bisa kita temui di Pantai Seger, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di sini berdiri Patung Putri Mandalika. Kisah dongeng di balik keberadaan kedua patung itu sangat menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Tersohor di Tanah Lombok, legenda Putri Mandalika berkisah tentang seorang putri cantik yang menenggelamkan diri ke laut dan berubah menjadi cacing. Cerita ini pun menjadi awal dari hadirnya Festival Bau Nyale. Ada yang tau kisahnya? Atau, di daerah kamu ada dongeng yang lebih menarik? Ceritakan di kolom komentar, yuk!" tulis Intagram @pesonaid_travel, Rabu (10/4/2019).

Pantai Seger berada satu garis dengan Pantai Kuta Lombok dan terletak dua kilometer di sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Panorama perbukitan khas pantai-pantai di wilayah Lombok Tengah bagian Selatan begitu kental. Batu karang yang menyembul dari tengah, menjadi salah satu ciri khasnya. Objek batu karang ini bisa dicapai oleh pengunjung saat air laut surut.

Suasana di Pantai Seger saat musim hujan dan kemarau sangat berbeda. Saat musim kemarau, perbukitan dan pasirnya akan tampak kering dan tandus. Pemandangan pasir kering dan bukit tandus ini sebenarnya memberi kesan eksotis. Sementara, suasana sejuk dengan hamparan rumput dan perbukitan yang hijau akan tersaji saat musim penghujan tiba.

Objek lain di sisi pantai yang menarik disinggahi adalah jembatan dari bambu. Dari jembatan ini, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai. Di dekat pantai juga ada Tugu Putri Mandalika yang merupakan simbol legenda suku Sasak, suku asli Pulau Lombok. Di Tugu ini masyarakat sekitar rutin digelar festival tahunan bernama Bau Nyale (menangkap cacing laut).

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar. Karena itu, Pantai Seger begitu populer di kalangan peselancar. Untuk menikmati liburan yang menyenangkan di Pantai Seger, wisatawan harus mengetahui bagian-bagian yang berbeda dari tempat ini. Di sebelah utara, misalnya, pengunjung bisa menikmati laut yang damai dan pantai yang landai. Di sinilah tempat monumen 'Putri Mandalika'. Orang biasanya memanfaatkan monumen ini sebagai latar belakang pengambilan foto.

Di tengah pantai, wisatawan akan menemukan daerah perbukitan dengan beberapa peternakan di atasnya. Pengunjung biasanya akan hiking mencapai puncak bukit melihat pemandangan laut yang lebih baik dan pemandangan alam yang leluasa dari atas. Sementara di bagian selatan Pantai Seger, terdapat Batu Karang Tengkong yang terkenal, penampilannya menyerupai jamur.

Lokasi Pantai Seger berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Jika dari Kota Mataram, Anda bisa langsung ke Kecamatan Pujut. Jarak antara lokasi tersebut adalah sekitar 55 km, sehingga akan memakan waktu sekitar satu jam 20 menit. Selama berkunjung ke Pantai Seger, wisatawan dapat menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata lain seperti Bukit Merese, Pantai Mandalika, Pantai Gerupuk, Pantai Kuta, dan Pantai Putri Nyale.


Editor : Tuty Ocktaviany