Asyiknya Wisata di Studio Alam Gemplong, Destinasi Buatan yang Viral di Yogya

Vien Dimyati ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 20:57 WIB
Asyiknya Wisata di Studio Alam Gemplong, Destinasi Buatan yang Viral di Yogya

Asyiknya wisata di Studio Alam Gemplong. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Destinasi wisata buatan ini tengah hits di Yogyakarta. Namanya Studio Alam Gamplong. Studio ini dibangun atas prakarsa Mooryati Soedibyo.

Pendiri Mustika Ratu itu awalnya ingin menyumbangkan film untuk bangsa. Saat itu, dia menggarap film layar lebar berjudul "Sultan Agung: The Untold Love Story". Setelah syuting selesai, Mooryati lantas menghibahkan studio tersebut kepada pemerintah daerah setempat.

Studio Alam Gamplong memiliki area cukup luas, sekitar 2,5 hektare. Properti dan setnya dibuat sedetail mungkin. Tempat wisata yang dijuluki mini Hollywood ini menawarkan berbagai desain bangunan semi permanen yang unik, seperti Gerbang Keraton Karta Kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Pendopo Ageng Keraton Karta, Benteng Holandia atau Batavia, Kawasan Kampung Mataram, dan Kampung Pecinan masa lampau.

Cocok bagi wisatawan yang menyukai fotografi dan penghobi selfie. Selain itu, tempat ini pas digunakan sebagai wisata edukasi perfilman.

"Sudah pernah mengunjungi studio alam gamplong ini belum? banyak spot foto yang sangat menarik lho, di sini. Visitjogja best photo from @ethenk_only," tulis Instagram @visitjogja, dikutip Senin (12/8/2019).

Studio Alam Gamplong terletak di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Sekitar 16 km dari titik nol Yogyakarta. Berdekatan dengan Sungai Progo dan Kabupaten Kulon Progo. Lokasi alam yang berada di pinggiran kota membuat wilayah ini jauh dari keramaian, sehingga pengunjung dapat menikmati kehidupan pedesaan yang asri dan tenang.

Pengunjung sebaiknya mengetahui beberapa peraturan yang wajib di taati. Walaupun dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata, Studio Alam Gamplong masih digunakan untuk syuting film layar lebar Indonesia. Jadi, dimohon menjaga baik-baik properti yang ada di studio ini.

Tidak boleh memegang, apalagi menggeser properti benda yang ada di studio. Denda bagi yang melakukannya Rp100.000. Dilarang membuang sampah sembarang. Sudah disediakan tempat sampah. Bagi yang merokok, jangan buang putung rokok sembarangan. Dilarang membawa makanan dan minuman di dalam studio. Tidak ada tarif khusus untuk memasuki Studio Alam Gamplong. Tersedia kotak di dekat pintu masuk. Pengunjung boleh memberi berapa pun, seikhlasnya. Anda bisa berkunjung ke studio ini setiap hari. Mulai pukul 08.00–17.00 WIB.


Editor : Tuty Ocktaviany