Berkreasi Membuat Bongko Pisang Gula Merah, Jajanan Nusantara Khas Banjarmasin

Siska Permata Sari ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 21:23 WIB
Berkreasi Membuat Bongko Pisang Gula Merah, Jajanan Nusantara Khas Banjarmasin

Lezatnya bongko pisang gula merah. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kudapan yang satu ini sangat populer di Banjarmasin. Namanya bongko pisang. Terbuat dari tepung beras, kanji, santan, dan berisi potongan pisang raja dibungkus dengan daun pisang.

Anda juga dapat mengubah pisang sesuai selera. Pilihan lainnya adalah pisang kepok. Bongko Pisang memiliki rasa yang manis gurih, mirip nagasari. Bedanya, adonan nagasari dimasak di atas api, sedangkan bongko pisang tidak. Adonan bongko pisang akan terasa lebih lembut tidak terlalu padat seperti nagasari. Kue ini cocok dimakan kapan saja. Untuk membuatnya juga sangat mudah.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @resepjajananpasar, Senin (26/8/2019).

Bahan I:

200 gr tepung beras
400 ml santan sedang
1 sdt garam
2 sdt vanili bubuk
175 gr gula merah, iris

Bahan II:

100 gr tepung tapioka
400 ml santan kental

Bahan III:

5 buah pisang kepok, iris serong 1/2 cm
2 lembar daun pandan, potong 5 cm
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara Membuat:

1. Bahan I: Jerangkan sebagian santan, garam, vanili, dan gula merah di atas api, hingga gula larut, masukkan sisa santan yang sudah bercampur tepung beras sambil diaduk terus hingga kental (tidak usah sampai mendidih). Matikan api.

2. Campur semua bahan II, aduk rata (bila perlu disaring supaya tidak ada yang bergerindil), lalu masukkan sedikit demi sedikit dalam adonan bahan I, aduk rata, jerangkan kembali di atas api, aduk terus sampai adonan tercampur rata dan menjadi kental (tidak usah sampai mendidih, cukup kental saja), angkat.

3. Ambil selembar daun pisang, beri irisan pisang secukupnya, 3 sdm munjung adonan, sematkan sepotong daun pandan, lalu bungkus seperti botokan.

4. Kukus selama 20 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan. Sajikan. By @dapoersikoko.


Editor : Tuty Ocktaviany