Berlangsung Meriah, Turis Mancanegara Betah Berkunjung ke Buton

Diaz Abraham ยท Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:39 WIB
Berlangsung Meriah, Turis Mancanegara Betah Berkunjung ke Buton

Festival Pesona Budaya Tua Buton 2019 sukses menarik wisatawan. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Banyak cara untuk menarik wisatawan hadir di sebuah objek wisata, salah satunya dengan mengadakan festival. Kali ini, salah satu lokasi cantik di Indonesia yakni Buton mengadakan Festival Pesona Budaya Tua Buton 2019.

Acara ini berlangsung sejak 12 hingga 24 Agustus dan menghadirkan banyak kesenian bagi pengunjung yang datang, seperti sunatan masal, pemilihan La Oti dan Wa Oti, pergelaran pencak silat, penyulingan alkohol dari nira aren, Buton expo, dan lomba dayung tradisional, serta lagu daerah disuguhkan untuk memeriahkan rangkaian kegiatan tersebut.

Puncak perayaan Festival Pesona Budaya Tua Buton dipusatkan di daerah Takawa. Penutupan gelaran ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Buton La Bakry yang berpakaian khas Buton untuk memperkenalkan kearifan lokal di sana kepada dunia internasional.

Acara penutupan tersebut berlangsung sangat meriah karena di hari tersebut dilakukan berbagai kegiatan seperti kehadiran 200 penenun, 200 anak imunisasi, 200 anak mengikuti prosesi sunatan, 200 gadis melakukan pingitan, 2.000 dulang disiapkan untuk makan bersama, dan 5.000 penari kolosal memadati lapangan Takawa.

Kehadiran artis papan atas makin memeriahkan suasana, sehingga masyarakat makin antusias mengikuti puncak perayaan tersebut. Gelaran yang telah berlangsung selama tujuh kali ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton.

Festival Pesona Budaya Tua Buton tak hanya terpusat di daerah Takawa, tetapi tersebar di beberapa desa seperti Desa Wabula dan Desa Wasuemba Kecamatan Wabula. Gelaran ini resmi dibuka pada 19 Agustus 2019 oleh Bupati Buton La Bakry.

Tak mau kalah dengan penutupan, acara pembukanya tak kalah meriah karena dilakukan penerbangan layang-layang dan Buton Expo yang memamerkan produk unggulan dari masyarakat Buton, serta BUMN dan BUMD.

La Bakry turut menjadi orang yang membuka acara megah ini dengan pemukulan gendang dan pengguntingan pita. Selama perayaannya, beberapa lokasi di Buton diserbu oleh wisatawan yang penasaran dengan berbagai atraksi, serta kearifan lokalnya.

Saking antusiasnya turis, khususnya mancanegara melihat gelaran ini, beberapa di antaranya bahkan menggunakan kapal layar ringan (yatch). Mereka terlihat sangat menyukai negeri penghasil aspal tersebut dan berharap memiliki kesempatan singgah ke sana.


Editor : Tuty Ocktaviany